Raja: 2017, Dispenda Targetkan PAD Batam Rp 1,1 Triliun

Metrobatam.com Batam – Pemerintah Kota Batam menargetkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam 2017 sebesar Rp 1,1 triliun atau naik kisaran 25 persen dari target tahun berjalan.

“Tahun 2017 target penerimaan kita Rp 1,1 triliun. Ini taget pesimis kita yah,” Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batam, Raja Azmansyah.

Read More

Penerimaan tersebut didapat dari seluruh sektor wajib pajak dan retribusi. Namun memang ada beberapa kelompok yang menjadi andalan, seperti pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir.

Awal tahun depan, seluruh elemen harus mulai bekerja ekstra untuk mengoptimalkan pendapatan. Salah satu upaya yakni mempermudah pembayaran pajak secara elektronik.

“Awal tahun sudah jalan sistem elektronik. Ketika running 2017 wajib pajak bergabung, mudah-mudahan akan meningkat,”katanya.

Walikota Batam HM Rudi menargetkan APBD Batam hingga 2021 mencapai Rp 4 triliun, Saat ini masih diangka sekitar Rp 2,4 triliun. Segala upaya terus ditingkatan, khusunya memaksimalkan PAD.

“Kita ketahui sumber keuangan pemerintah hanya ada dua. Sumber daya alam dan pajak. Kita di Batam tidak memiliki sumber daya alam. Karena itu, pajak maupun retribusi akan terus digenjot. Mudah-mudahan, lima tahun kepemimpinan saya dapat tecapai Rp 4 triliun,”terangnya.(MB/MCBK)

Related posts