Terlambat Ganti Oli Mesin Kendaraan, Ini Akibatnya

Metrobatam.com, (Mb) – Mobil merupakan salah satu kendaraan favorit masyarakat Tanah Air saat ini. Setelah memiliki kendaraan tak lantas Anda lengah, karena perawatan ekstra dibutuhkan kendaraan roda empat.

Setiap mobil sangatlah bergantung pada oli mesin yang harus selalu dalam kondisi baik. Maka itu, wajib diperhatikan pemeriksaan dan penggantian oli secara berkala.

Read More

Bila hal tersebut diabaikan, maka jangan heran kendaraan Anda mulai mengalami masalah-masalah hingga membuat mobil tidak mampu beroperasi lagi.

“Kalau telat ganti oli itu dia akan menjadi kerak. Piston dia kalau panas akan muai dan dia harus mentransfer panasnya dari lanier ke air radiator lalu ke radiatornya. Jadi saat muai didinginkan sama oli,” kata Senior Lubricant Technical Advisor Shell Indonesia, Rachman Hidayat.

“Jadi saat sudah berkerak, lalu kena panas dan memuai. Karena kehalangan kerak itu akhirnya enggak bisa didinginin. Akibatnya panas dan terus muai. Saat tidak bisa mentransfer panas itu akhirnya pistonnya akan macet,” ujarnya.

Karena hal tersebut, Rachman menganjurkan pemilik kendaraan untuk selalu mengganti oli sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Itu kan ada OEM nya, ada yang 5000 kilometer ada yang 10.000, macam-macam. Jadi diikutin aja ketentuan yang ada,” tuturnya.

Mb

Related posts