Turis AS Diperkosa Bergiliran di Hotel Mewah di New Delhi

New Delhi – Seorang wanita asal Amerika Serikat (AS) diperkosa secara bergiliran di sebuah hotel kelas atas di ibu kota New Delhi, India. Kasus ini menambah panjang daftar praktik kekerasan seks terhadap turis asing di wilayah India.

Disampaikan kepolisian setempat, seperti dilansir AFP, Senin (5/12), pemerkosaan terjadi saat wanita ini tengah berkunjung ke India, beberapa bulan lalu. Namun Kepolisian New Delhi baru memulai penyelidikan resmi atas kasus ini pada Sabtu (3/12) waktu setempat.

Read More

Penyelidikan mulai dilakukan setelah polisi menerima laporan langsung dari korban yang kini ada di AS. Korban juga sebelumnya telah melapor ke polisi melalui sebuah email yang dikirimkan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berbasis di AS.

“Kepolisian telah mendaftarkan kasus pemerkosaan ini dan sekarang akan memverifikasi seluruh aspek dari laporan korban,” ujar Komisioner Kepolisian setempat, Mukesh Meena, kepada AFP.

“Kami telah menerima email (dari LSM yang berbasis di AS) sejak awal, tapi baru bisa mendaftarkan kasus ini setelah mendapat laporan langsung dari korban pada Sabtu (3/12),” imbuhnya.

Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, mendorong polisi untuk menindak tegas pihak yang bertanggung jawab setelah media lokal melaporkan kasus pemerkosaan ini. “Saya telah meminta Duta Besar India di AS untuk menghubungi korban dan memastikan kepada korban bahwa kita tidak akan mengampungi pihak yang bersalah,” tegas Swaraj via Twitter.

Berbagai laporan media lokal yang mengutip sumber kepolisian, menyebut korban berlibur ke India pada April lalu, namun mempercepat kunjungannya setelah pemerkosaan itu terjadi. Korban menyebut bahwa pemandu wisatanya, yang memiliki akses ke kamar hotelnya, memberikan minuman yang dicampur obat bius dan memperkosa dirinya bersama empat pria lainnya di dalam kamar hotel tersebut.

“Korban mengatakan, setelah meminum air dari botol, dia mulai merasa pusing. Kemudian empat pria lainnya… masuk ke kamar dan menguncinya,” demikian dilaporkan media lokal Times of India. Kepolisian setempat kini masih memverifikasi kronologi pemerkosaan ini dan berusaha melacak para pelaku, termasuk memeriksa kamera keamanan hotel.

Maraknya tindak pemerkosaan terhadap turis, membuat sejumlah negara Barat memperingatkan warganya. Bulan lalu, seorang turis Jepang berusia 35 tahun diperkosa di India bagian selatan. Kemudian tahun lalu, seorang turis Jepang lainnya dibius dan diperkosa pemandu wisatanya di Jaipur.(okezone)

Related posts