100 Tahanan Tewas di Penjara Brasil dalam Sepekan

Rio de Janeiro, – Kerusuhan berdarah kembali terjadi di Brasil. Setidaknya empat tahanan tewas dalam kekerasan terbaru tersebut. Dengan demikian, dalam sepekan terakhir, jumlah korban jiwa akibat kekerasan di penjara-penjara Brasil telah mencapai 100 orang.

Kerusuhan terbaru terjadi di penjara Desembargador Raimundo Vidal Pessoa yang berada di pusat kota Manaus pada Minggu, 8 Januari waktu setempat.

Read More

Pejabat-pejabat keamanan setempat mengatakan seperti dilansir media Press TV, Senin (9/1), belum jelas bagaimana para korban tewas dalam kekerasan terbaru di penjara Brasil tersebut.

Sebelumnya pada Jumat, 6 Januari waktu setempat, kekerasan terjadi di penjara Monte Cristo Farm Penitentiary (PAMC) di negara bagian Roraima. Pertumpahan darah itu terjadi ketika sekelompok tahanan menyerang kelompok tahanan lainnya, hingga menewaskan 33 napi.

Beberapa hari sebelumnya, para anggota geng terlibat kerusuhan di sebuah penjara di Manaus. Kerusuhan yang berlangsung sekitar 17 jam itu menewaskan 64 tahanan.

Penjara-penjara di Brasil saat ini banyak yang kelebihan kapasitas, terlebih setelah pemerintah mulai melancarkan operasi terhadap geng-geng narkoba di seluruh negeri. Kondisi ini membuat geng-geng narkoba mudah menguasai penjara-penjara.(mb/detik)

Related posts