2017 Pemko Batam, Targetkan Benahi Infrastruktur Di Pulau-Pulau Penyangga

Metrobatam.com Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, merehabilitasi dan membangun sejumlah pelantar di pulau-pulau penyangga pada 2017 untuk meningkatkan akses perhubungann darat masyarakat pesisir.
Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Minggu, menyatakan akan memperbaiki pelantar di Pulau Kasu dan Pulau Karas. Sedangkan untuk Tiangwangkang, pemerintah akan membangun pelantar baru.

“Dalam era kepimpinan saya, infrastruktur akan menjadi prioritas utama, bukan saja di mainland, tapi juga di interland,” kata Wali Kota.

Read More

Di Pulau Kasu, pemerintah rencananya akan merehabilitasi dengan menggunakan konstruksi beton untuk menggantikan pelantar lama yang sudah rusak, sepanjang 160 meter.

Pelantar di Pulau Kasu juga akan dilengkapi atap dan pagar sepanjang dengan estimasi biaya sekira Rp1,5 milyar.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pulau Kasu, Azman berharap pemerintah segera merealisasikan perbaikan pelantar, karena itu adalah kebutuhan utama masyarakat pesisir.

“Kami sangat perlu pelantar ini sebagai tempat kami naik turun dari pulau pulau lain dan bongkar muat barang,” kata dia.

Selain pelantar, Pemkot juga terus berupaya membenahi infrastruktur di pulau-pulau penyangga demi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat kota kepulauan itu, seperti jaringan air bersih.

“Sekarang masalah air sudah terselesaikan, tinggal sedikit saja yang belum lagi,” kata Wali Kota.

Pemkot menggunakan beberapa strategi dalam membangun jaringan air bersih sesuai dengan karakter tiap pulau.

Untuk pulau yang memiliki embung air bersih, maka pemerintah membangun jaringan pipa dan menyalurkannya ke rumah-rumah warga di pulau tersebut, hingga ke rumah-rumah di pulau sekitar.

Dan untuk pulau yang lokasinya masih relatif dekat dengan pulau utama, pemerintah menyalurkan air bersih dari Perusahaan Air Minum Adhya Tirta Batam yang beroperasi di Pulau Batam.

Sedangkan untuk pulau relatif padat penduduk yang sulit mendapatkan penyaluran air bersih, Pemkot bekerja sama dengan pemerintah pusat membangun penyulingan air laut menjadi air bersih.

Tiga sistem itu sudah diterapkan di sejumlah pulau, tinggal beberapa pulau saja yang belum tersentuh infrastruktur air bersih. (MB/Antara)

Related posts