BNN Kota Batam Tes Urine Kru Pesawat di Bandara Hang Nadim

Metrobatam.com, Batam – Badan Narkotika Nasional Kota Batam melakukan tes urine pada kru pesawat yang hendak terbang dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk memastikan tidak ada yang dalam pengaruh alkohol atau narkoba.

“Operasi ini upaya BNN Kota Batam mendukung operasi Lilin Seligi 2016 dalam hal mamastikan seluruh penerbangan aman,” kata Kepala BNN Kota Batam, AKBP Darsono di Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu pagi.

Read More

Ia mengatakan operasi tersebut tidak ada kaitannya dengan kejadian di Surabaya saat seorang pilot yang akan menerbangan pesawat ke Jakarta nampak sempoyongan dan ngelantur saat berbicara di dalam kabin.

“Ini tidak ada kaitannya dengn hal itu. Kami ingin memastikan seluruh penerbangan aman saat musim liburan ini. Kegiatan pemeriksaan tes urine di bandara juga rutin dilaksanakan dalam rangka menjaga keselamatan penumpang,” kata dia.

Hingga sekitar pukul 11.00 WIB, setidaknya puluhan kru dari 7 pesawat Lion Air, Citilink, NAM Air, dan Garuda Indonesia sudah menjalani pemeriksaan secara bergiliran. Belum ada kru yang ditemukan positif narkoba.

“Selain disini, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pelabuhan Domestik Sekupang. Targetnya kru kapal,” kata Darsono.

Sejak pertengahan Desember, angka pengguna transportasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam naik dari rata-rata 15.000-16.000 penumpng berangkat dan tiba menjadi sekitar 20.000 penumpang per hari.

General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso mendukung kegiatan yang dilakukan oleh BNN Batam sehingga seluruh penumpang terjamin kemananannya saat terbang.

“Ini menyangkut keselamatan nyawa orang banyak. Tentu kami snagat mendukungnya,” kata Suwarso.

Memasuki libur panjang, kata Suwarso, pengamanan di Bandara Hang Nadim juga mendapat bantuan personil bersenjata lengkap dari TNI AU.

“Mereka akan membantu pengamanan di bandara. Petugas yang ditempatkan akan terus mengawasi areal bandara termasuk keberangkatan dan kedatangan,” kata dia.

Mb/Antara

Related posts