Ikut Demo di New York, Aktor Hollywood: Kita Akan Hentikan Trump

New York – Menjelang pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump, ribuan demonstran menggelar aksi demo di jalan-jalan New, York. Mereka yang berdemo memprotes pemerintahan Trump termasuk para selebritis kelas atas.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (20/1/2017), di antara mereka termasuk aktor-aktor Hollywood, Robert de Niro dan Alec Baldwin, sutradara peraih Oscar, Michael Moore dan penyanyi terkenal Cher. Bersama warga New York lainnya, mereka berdemo di dekat gedung Trump International Hotel yang berada di kawasan Central Park South.

Read More

“Lawan Trump setiap hari” dan “keadilan dan hak-hak sipil bagi semua”, demikian bunyi sebagian spanduk yang dibawa massa demonstran di kota asal Trump tersebut. Di New York, mayoritas warga memilih rival Trump, Hillary Clinton dalam pemilihan presiden pada November 2016 lalu.

“Dia tidak memimpin dengan mandat,” cetus Michael Moore dalam orasinya mengenai kemenangan Hillary dalam perolehan jumlah suara rakyat. “Kita adalah mayoritas. Jangan menyerah. Saya tidak akan menyerah,” tegas Moore di depan para demonstran pada Kamis (19/1) waktu setempat.

Moore mengatakan bahwa dimulainya pemerintahan Trump merupakan waktu yang sangat berbahaya di AS. Moore pun menyerukan adanya 100 hari protes terhadap Trump setelah pelantikannya nanti. “Dengan banyak kerja di pihak kita, kita akan menghentikan orang ini,” cetus Moore. “Dia tak akan bertahan empat tahun,” imbuhnya.

Adapun Walikota New York, Bill de Blasio menyerukan warga Amerika di seluruh negeri untuk bangkit dan menyuarakan penolakan mereka atas pemerintahan Trump.

“Donald Trump selalu senang mengatakan dirinya membangun sebuah gerakan, sekarang inilah waktu bagi kita untuk membangun gerakan kita dan itu dimulai malam ini dan ada di seluruh negeri, malam ini, besok, dan hari-hari mendatang,” kata de Blasio dalam orasinya.

(mb/detik)

Related posts