PGN Batam, Siapkan 250 Converter Kit Gratis Untuk Perkenalan

Metrobatam.com Batam – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyiapkan 250 converter kit untuk Batam di tahun 2017 ini. Converter kit ini merupakan alat yang dipasang di mesin kendaraan untuk mengonversi penggunaan bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas.

“Selain rumah tangga kita juga dorong penggunaan gas untuk kendaraan. Selain kita bangunkan SPBG (stasiun pengisian bahan bakar gas), kita juga bagikan converter kit gratis,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja di Batam beberapa waktu lalu.

Read More

Menurutnya penggunaan gas sebagai bahan bakar mesin kendaraan lebih efisien dibanding menggunakan bensin. Selain harganya pun lebih murah, yakni Rp 3100 per liter ekuivalen premium.

“SPBG sudah ada. Kita akan sebarkan 250 converter kit, dibagikan gratis ke mobil dinas pemerintah, BUMN, otorita (BP Batam), dan kendaraan umum untuk angkot, taksi, dan sebagainya,” kata Wiratmadja.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi yang tertarik gunakan bahan bakar gas, bisa membeli converter kit sendiri.

Saat ini di Batam sudah ada sedikitnya sembilan kendaraan yang gunakan bahan bakar gas dari PGN. Area Head Gagas Energi Batam (anak perusahaan PGN), Yani Suhaib sebelumnya mengatakan kendaraan yang telah dilengkapi converter kit ini diberi stiker gasku sebagai penanda.

“Di Batam sudah ada beberapa, kendaraan PGN juga taksi. Penggunaan gas ini lebih efisien. Jika gunakan BBM 1 liter untuk perjalanan 10 kilometer, sementara gas 1 liter setara premium bisa 11-12 kilometer,” ujarnya di lain kesempatan. (MB/MCB)

Related posts