Pidato Menteri Dibatasi 7 Menit, Menko Polhukam: Nggak Masalah

Metrobatam, Jakarta – Seskab Pramono Anung mengeluarkan surat edaran yang membatasi pidato menteri dan kepala lembaga tak lebih dari 7 menit. Menko Polhukam Wiranto menyepakati aturan batas waktu pidato.

“Biasa saja, nggak ada masalah. Setuju saya,” kata Wiranto di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/1). Namun aturan tersebut hanya ketika memberi sambutan pada acara yang dihadiri Presiden Jokowi. Wiranto menganggap aturan ini wajar.

Read More

“Itu memadatkan acara, supaya tidak bertele-tele. Presiden kan waktunya terbatas, acaranya banyak. Kalau tidak ada pembatasan pidato lalu Presiden pidato berjam-jam, bagaimana?” kata Wiranto.

Pendapat senada disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly. Menurut Yasonna, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang tipe orang yang tidak bertele-tele.

“Beliau, presiden langsung to the point, straight to the point. Nggak perlulah panjang-panjang, tapi pesannya perlu sampai. Straight to the point dan tidak basa-basi,” kata Yasonna ketika berbincang dengan detikcom, Selasa (17/1) malam.

Yasonna kemudian mencontohkan ketika dirinya menyampaikan pidato di forum internasional. Saat itu, Yasonna diberikan waktu tidak lebih dari 5 menit dan hal itu pun tidak menjadi masalah.

“Saya pernah menyampaikan pidato di forum internasional, saya dikasih nggak cuma sampai 5 menit. Jadi kalau kita misalnya, kalau pidato acara resmi ya nggak perlulah panjang-panjang,” ujar Yasonna.

Adanya surat edaran bagi para menteri dan kepala lembaga sebelumnya disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Surat edaran ditujukan kepada para menteri dan kepala lembaga agar tak terlalu lama berpidato.

“Ya apa pun, kan presiden kita ini adalah presiden yang tidak mau bertele-tele, langsung pada substansinya, pada inti persoalan,” kata Seskab Pramono Anung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/1).

Surat tersebut diedarkan pada 23 Desember 2016. Para menteri dan kepala lembaga diminta tidak berpidato lebih dari 7 menit dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menurut Pramono, pembatasan dilakukan hanya untuk mengatur agar materi menyampaikan langsung apa yang jadi poinnya. Dengan begitu, pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan baik.(mb/detik)

Related posts