Rudi Optimis Januari APBD 2017 Disahkan, Kalau Tidak Dipastikan Proyek 2017 Bermasalah

(Ilustrasi ) Pelebaran jalan di nagoya batam pada tahun 2016

Metrobatam.com Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2017 belum dapat disahkan karena masih tahap sinkronisasi anggaran di DPRD.
“Barang sudah di sini, yang mensinkronkan mereka, bukan kita. Tergantung DPRD saja,” kata Wali Kota di Batam Kepulauan Riau, Kamis.

Wali Kota menduga ada beberapa hal yang belum disepakati, antara isi APBD yang diajukan pemerintah dengan aspirasi masyarakat yang ditampung DPRD dalam reses.

Read More

Ia menegaskan, Pemkot Batam telah melakukan penyusunan APBD sesuai aturan, mulai dari Musrenbang hingga pembahasan detil di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

APBD yang diajukan juga sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang diambil dijabarkan dari visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota saat Pilkada.

“Semuanya sesuai prosedur, mungkin kesepakatan belum,” kata dia.

Meski begitu, Wali Kota tetap optimis APBD 2017 dapat disahkan sebelum Januari berakhir agar semua rencana pembangunan pemerintah dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“APBD harus disahkan. Kapan waktunya ada di sini (DPRD-red), kalau tidak disahkan akan menjadi masalah,” kata dia.

Sebab, bila APBD 2017 tidak disahkan, maka pemerintah harus menggunakan acuan APBD 2016 dalam membangun di 2017, sehingga proyek yang direncanakan tahun ini tidak dapat diteruskan.

“Saya tidak boleh mengambil kebijakan di luar APBD lalu. Kalau gaji, listrik, air, bisa. Tapi yang lain, honor misalnya, akan menjadi masalah,” kata dia.

Berlarutnya pengesahn APBD juga dikhawatirkan akan menghambat sejumlah proyek pembangunan di kota itu.

Sebelumnya, Wali Kota meminta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah tetap melakukan persiapan pembangunan, bila memang pembangunan itu sudah disepakati dengan DPRD dan masuk dalam APBD 2017.

Kepala SKPD diminta tidak ragu untuk mempersiapkan lelang dan kebutuhan proyek lainnya.

“Ada program yang pastikan jalan, SKPD tidak usah ragu, siapkan saja perlengkapan lelang,” kata Wali Kota. (MB/Antara)

Related posts