1 WN Korut yang Ditangkap atas Pembunuhan Kim Jong-Nam Ahli Kimia

Metrobatam, Jakarta – Tersangka keempat yang ditangkap atas pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Kim Jong-Nam merupakan seorang pria warga Korea Utara. Pria ini merupakan ahli di bidang kimia.

Seperti dilansir The Star, Minggu (19/2), pria bernama Ri Jong-Chol itu berasal dari Pyongyang, Korut. Dia merupakan lulusan bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran dari sebuah universitas di Korea Utara pada tahun 2000.

Read More

10 tahun setelah lulus, Ri Jong-Chol terlibat dalam sebuah penelitian di sebuah pusat di Kolkata, India, sampai 2011.

Sumber mengatakan, Jong-Chol kemudian kembali ke Pyongyang sebelum ia mendapat tawaran dari sebuah perusahaan IT yang berbasis di Malaysia.

“Ini masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa ia berada di belakang racun cair yang diyakini telah digunakan untuk membunuh Jong-Nam, sehingga penyelidikan masih berlangsung,” kata sumber tersebut seperti dimuat oleh The Star.

“Dia juga sedang ditanyai tentang keberadaan tiga kaki (pria) lainnya, yang masih buron,” tambah sumber itu.

Inspektur Jenderal Polisi dari Kepolisian Diraja Malaysia, Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan, tersangka berumur 47 tahun itu ditahan pada Jumat (17/2) pukul 09.50 waktu Malaysia.

“Berdasarkan i-KAD (kartu identitas) di tangannya, tersangka diidentifikasi lahir pada tanggal 6 Mei 1970, dan warga negara Republik Rakyat Demokratik Korea Utara (DPRK),” katanya dalam sebuah pernyataan .

Tersangka ditangkap setelah polisi menggerebek sebuah kondominium di Jalan Kuchai Lama pada Jumat (17/2). Sebelumnya, pada Kamis (16/2), polisi telah menangkap Siti Aisyah yang merupakan Warga Negara Indonesia di sebuah hotel di kawasan Ampang.

Polisi mengatakan, Siti Aisyah teridentifikasi berdasarkan rekaman CCTV di bandara dan saat penangkapan Siti cuma sendirian.(mb/detik)

Related posts