Dishub Batam Tambahan Rute Baru Bus Trans Batam

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menambah rute Bus Trans Batam, yaitu Telagapunggur-Jodoh, yang melewati Jalan Hasanudin, Jalan Sudirman, Jalan Bunga Raya, dan Jalan Duyung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri di Batam, Kamis mengatakan penambahan rute baru itu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih banyak yang memanfaatkan kendaraan umum.

Read More

“Jalur rute baru, dari Punggur, kemudian ke bundaran Punggur-Bandara, lalu ke Simpang Kabil, Indomobil, belok Bunga Raya, lewat BCS, DC Mall, masuk ke Terminal Jodoh,” kata Kepala Dinas menjelaskan.

Dengan penambahan satu rute baru, maka hingga kini Trans Batam sudah melayani delapan trayek, yaitu Sekupang-Batam Centre, Tanjunguncang-Batam Centre, Sekupang-Jodoh, Tanjunguncang-Sekupang, Tanjungpiayu-Jodoh, Nongsa-Jodoh, dan Punggur-Jodoh.

Rencananya, Pemkot Batam akan menambah dua koridor Trans Batam yang baru, untuk melayani rute Nongsa-Punggur dan Tembesi-Galang.

“Sekarang kami punya 77 bus. Sebanyak 52 bus melayani tujuh rute. Dan kami berencana usulkan penambahan bus lagi,” kata dia.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna kendaraan umum, pemerintah juga berencana membenahi tempat pemberhentian bus, atau halte.

Apalagi, saat ini, masih ada beberapa lokasi yang dilewati jalur bus belum memiliki halte, melainkan hanya rambu bus stop sebagai penanda tempat berhentinya bus.

Demi keamanan penumpang, maka untuk tempat pemberhentian bus tanpa halte, maka Dishub menginstruksikan agar kernet menurunkan penumpang melalui pintu depan bus yang relatif rendah.

“Tahun ini kami akan lakukan penataan lagi terhadap halte. Ada jalan-jalan yang sudah selesai dilebarkan, halte posisi awal dibongkar. Halte yang belum ada, tahun ini akan kami bangun. Belum bisa bangun keseluruhan jadi sebagian kita buat bus stop saja,” ujarnya.

Mb/Batam

Related posts