Dishub Tes Urine Sopir Trans Batam

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri Sosialisasi Stop Narkoba di halte bus trans batam, batam center Senin (13/2). Foto Mcb

Metrobatam.com, Batam – Sopir bus Trans Batam akan dites urine. Tes ini rencananya dilakukan secara bertahap. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan tes urine ini perlu dilakukan guna memastikan pengemudi Trans Batam atau busway bersih dari narkoba.

“Kita berharap seluruh pengemudi awak kendaraan dan petugas, hendaknya bisa terbebas dari narkoba. Karena mereka adalah yang langsung bertanggungjawab terhadap keselamatan penumpang,” kata Yusfa di Batam Centre, Senin (13/2).

Read More

Selain pengemudi, tes juga akan diterapkan pada kernet, petugas penjualan tiket, hingga petugas halte. Saat ini Dishub Batam sedang membuka penerimaan petugas kernet dan penjualan tiket sebanyak 40 orang. Dan tes urine ini menjadi syarat penentu dalam seleksi. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan dites urine pada akhir proses perekrutan.

“Tes urine ini jadi penentu. Yang sudah dinyatakan lulus kalau positif, bisa dibatalkan kelulusannya. Kami sedang pikirkan untuk menjadikan bebas narkoba ini sebagai salah satu persyaratan gabung di Trans Batam,” kata dia.

Rencana Dinas Perhubungan tersebut disambut baik Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam. Kepala BNN Batam, AKBP Darsono mengatakan siap mendukung apa yang telah diprogramkan pemerintah daerah tersebut.

“Karena konteksnya adalah untuk masyarakat. Upaya pemerintah untuk menyediakan petugas yang kompetensinya bagus. Dan bebas narkoba jadi syarat mutlak. Saya dukung sekali program Dishub ini, dalam rangka meng-clear-kan petugas dari narkoba,” ujarnya.

Mb/Mcb

Related posts