DK PBB Ancam Ambil Tindakan Keras atas Peluncuran Rudal Korut

Metrobatam, Jakarta – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengancam akan mengambil tindakan keras atas Korea Utara akibat peluncuran rudal pada Senin (13/2).

“Kami menyerukan kepada semua anggota Dewan Keamanan untuk menggunakan segala sumber daya untuk menegaskan kepada rezim Korut bahwa peluncuran ini tidak dapat diterima. Ini saatnya membuat Korut bertanggung jawab. Bukan dengan kata-kata kita, tapi tindakan,” ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley.

Read More

Pernyataan ini dilontarkan Haley setelah anggota DK PBB, termasuk China sebagai sekutu terdekat Korut, sepakat untuk menyusun pernyataan yang menegaskan bahwa peluncuran rudal itu merupakan “pelanggaran berat” resolusi PBB.

Diberitakan Reuters, Rudal yang diklaim Pyongyang dapat membawa hulu ledak nuklir itu meluncur sejauh 500 kilometer dari timur Korut dan jatuh di Laut Jepang.

Peluncuran rudal ini menambah panjang daftar pelanggaran resolusi yang dilakukan oleh Korut. Resolusi PBB itu melarang Korut meluncurkan rudal balistik maupun melakukan uji coba nuklir.

Tahun lalu, Korut dilaporkan sudah melakukan dua kali uji coba nuklir dan sejumlah peluncuran rudal. Mereka bahkan mengklaim bahwa rudal tersebut dapat mencapai wilayah AS.

Sejak Korut pertama kali menguji coba perangkat atomnya pada 2006, DK PBB sudah menjatuhkan setidaknya enam paket sanksi atas Pyongyang.(mb/cnn indonesia)

Related posts