Hidup Mengasingkan Diri, Kakak Presiden Korut Ini Pernah Mampir ke Jakarta

Pyongyang – Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang tewas di Malaysia, diketahui hidup berpindah-pindah setelah meninggalkan Korut. Jong-Nam pernah terlihat di berbagai negara seperti China, Singapura, Malaysia, Prancis dan juga Indonesia.

Seperti dilansir Reuters dan media Malaysia, The Star, Kamis (16/2), Jong-Nam (46) hidup mengasingkan diri dari Korut selama bertahun-tahun setelah insiden tahun 2001, saat dia ditangkap di Tokyo, Jepang karena kedapatan menggunakan paspor palsu.

Read More

Insiden itu membuat malu pemimpin Korut saat itu, Kim Jong-Il, yang merupakan ayah Jong-Nam dan Kim Jong-Un. Sang ayah pun menjauhkan dirinya dari Jong-Nam yang dijuluki ‘Jenderal Kecil’ dan sempat dipandang sebagai penerus Kim Jong-Il.

Keluar dari Korut, Jong-Nam diketahui tinggal di Macau untuk sementara waktu dan dilaporkan memiliki rumah di Beijing, China serta Singapura.

Pada tahun 2014, Jong-Nam dilaporkan terlihat berada di Jakarta. Jaringan televisi kabel Korea Selatan (Korsel) YTN menyebut Jong-Nam terlihat di sebuah restoran Italia yang ada di Lotte Shopping Mall Jakarta pada 4 Mei 2016. YTN menampilkan foto Jong-Nam berpose dengan chef restoran itu dan menyebut saat itu Jong-Nam ditemani seorang wanita berusia 30-an tahun.

Sejumlah media Korsel menyebut Jong-Nam kerap bolak-balik antara Singapura, Indonesia, Malaysia dan Prancis. Kebiasaan Jong-Nam berpindah negara dilaporkan sejumlah media Korsel, termasuk surat kabar ternama Chosun Ilbo.

Pada Januari 2012, sekelompok warga Korsel mendapati Jong-Nam sendirian di Bandara Beijing, tengah menunggu penerbangan ke Macau. Jong-Nam mengakui identitas dirinya dan menyebut memang kerap bepergian seorang diri. Saat ditanya apakah dia terkejut saat mengetahui ayahnya wafat pada Desember 2011, Jong-Nam menjawab singkat: “Itu hal wajar.”

Istri pertama Jong-Nam, Shin Jong Hui dan putranya Kum Sol diketahui tinggal di Beijing. Sedangkan istri keduanya, Lee Hye Kyong dan kedua anaknya, Han Sol dan Sol Hui, tinggal di Macau.

Akhir Januari 2012, media Chosun Ilbo melaporkan, Jong-Nam pindah dari Macau ke Singapura. Dia pindah karena rumahnya di Macau terekspos ke publik. Jong-Nam memilih Singapura agar dirinya lebih mudah bepergian ke Eropa. Seperti diketahui, putranya, Han Sol, kuliah di Paris, Prancis. Sumber lainnya di Singapura menyebut Jong-Nam terlihat 3 kali di publik dalam jangka waktu 7 bulan, yakni 2 kali di Hotel Marina Bay Sands dan sekali di Orchard Road.

Pada Januari 2014, Jong-Nam terlihat berada di sebuah restoran di Kuala Lumpur, Malaysia. Surat kabar Jepang, Yomiuri Shimbun, menyebut Jong-Nam masih tinggal di Singapura namun bepergian ke negara lain. Setelah pamannya Jang Song Thaek dieksekusi mati di Korut, Jong-Nam sedikit menjauhkan diri dari publik.

Kemudian pada September 2014, sejumlah turis Korsel mengaku melihat Jong-Nam di Hotel Le Meridien Etoile, Paris, Prancis. Chosun Ilbo menyebut, Jong-Nam terlihat bersama seorang wanita berusia 30-an tahun dan datang untuk mengunjungi putranya, Han Sol. Saat didekati oleh seorang warga Korsel, dia mengaku tidak tahu banyak soal Kim Jong-Un maupun apa yang terjadi di Korut.(mb/cnn indonesia)

Related posts