Kakak Kim Jong-Un Tewas Gara-gara Gemar Facebook?

Metrobatam, Jakarta – Kim Jong-nam, kakak ipar Kim Jong-un, dibunuh di bandara Malaysia dengan dugaan diserang dengan zat kimia. Kasus yang menghebohkan ini mungkin melibatkan media sosial Facebook.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Kim Jong-nam dikatakan banyak memajang gaya hidup ala playboy di media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut. Ia berpose di Macau, Shanghai dan Singapura.

Read More

Itulah yang diduga memudahkan agen dari Korea Utara memetakan lokasinya dan akhirnya melakukan eksekusi di Malaysia. Dan seperti diketahui, pembunuhannya diduga melibatkan wanita asal Indonesia bernama Siti Aisyah.

Menurut website NK News, Kim Jong-nam menggunakan nama samaran Kim Chol di Facebook. Nama itu sama dengan yang tercetak di dokumen perjalanannya, saat dia kolaps di bandara Kuala Lumpur. Saat ini, akun bersangkutan sudah dihapus dari Facebook.
Kakak Kim Jong-Un Tewas Gara-gara Gemar Facebook?Foto: istimewa

Profil Facebook tersebut menyatakan Kim Chol belajar di sekolah internasional di Jenewa dan Moskow. Kemudian tinggal di Makau, yang cocok dengan latar belakang Kim Jong-nam.

Aktivitasnya di Facebook yang terbuka, mengindikasikan bahwa korban tidak sedang bersembunyi atau merasa ketakutan. Atau memang dia tetap tenang meski diburu oleh agen utusan Kim Jong-un.

Selain profil Facebook, Kim Jong-nam diketahui juga memakai layanan email komersial yang barangkali semakin memudahkan agen dalam melacaknya. Sebelum kematiannya ini, dilaporkan kalau Kim pernah sukses bertahan dari ancaman pembunuhan di tahun 2012.

“Aktivitas terbuka semacam itu sepertinya tidak akan dilakukan oleh orang yang secara konstan menghadapi ancaman pembunuhan. Kupikir dia memang sembarangan sehingga akhirnya tewas,” kata Cha Du-hyeogn, sekretaris intelijen mantan presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak. (mb/detik)

Related posts