Pengeras Suara Korsel Umumkan Pembunuhan Jong-nam ke Korut

Metrobatam, Jakarta – Korea Selatan menggunakan pengeras suara raksasa di perbatasan untuk mengumumkan kabar pembunuhan Kim Jong-nam ke negara asalnya, Korea Utara.

Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Korut Kim Jong-un, tewas dibunuh dua orang perempuan yang diyakini diperintahkan negara terisolasi itu, 13 Februari lalu di Kuala Lumpur.

Read More

Media Korut tidak memberitakan kasus pembunuhan itu hingga hari ini, Kamis (23/2). Mereka akhirnya membuka mata warga dengan melontarkan celaan untuk penyidikan yang dilakukan Malaysia, meski tak menyebut nama Kim Jong-nam sebagai korban.

Namun, Korea Selatan pekan ini mengerahkan sejumlah pengeras suara raksasanya untuk memastikan rincian soal pembunuhan Jong-nam, sebagaimana diberitakan stasiun televisi MBC, dikutip AFP.

“Kim Jong-nam tewas setelah diserang oleh dua orang perempuan tak dikenal di Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia,” bunyi pengumuman pengeras suara itu.

“Otoritas Malaysia menyebut empat tersangka adalah warga Korea Utara, termasuk satu orang yang telah ditangkap.”

Berita dunia luar sangat dibatasi di Korea Utara, di bawah pemerintahan empat dekade keluarga Kim.

Militer Korea Selatan selama bertahun-tahun mengumumkan berita dunia, pesan propaganda dan lagu-lagu K-Pop ke seberang perbatasan menggunakan pengeras suara yang bisa terdengar sampai jarak 10 kilometer itu.

Kementerian Pertahanan Korsel menolak untuk mengonfirmasi laporan terakhir tersebut dengan alasan keamanan nasional.

Hari ini, media pemerintah Korea Utara akhirnya angkat bicara setelah 10 hari tak memberitakan pembunuhan tersebut dengan menyebut Malaysia tidak bermoral, bermain-main dengan jenazah korban.

Propaganda yang disiarkan di perbatasan itu dibenci oleh Pyongyang. Pada satu titik, pemerintahan Kim Jong-un bahkan mengancam untuk menghancurkan pengeras suara yang mengganggunya itu.

Korea Utara juga diketahui mengerahkan pengeras suara sendiri untuk meredam suara dari tetangganya.(mb/cnn indonesia)

Related posts