Timnas Indonesia Cari Kiper Modern

Metrobatam, Jakarta – Asisten pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti, menyatakan salah satu kriteria penjaga gawang yang dicari dalam proses seleksi pemain adalah yang bisa memainkan peran seperti kiper modern. Hal ini berarti penjaga gawang bisa berperan aktif dalam membangun serangan.

Bima sendiri bersama salah satu asisten Luis Milla lainnya, Eduardo Perez Moran, baru saja menyaksikan dua pertandingan Piala Presiden di Si Jalak Harupat, Bandung, yaitu antara Persib melawan Persiba Balikpapan dan PSM Makassar versus Persela Lamongan, Minggu (11/2).

Read More

Kehadiran keduanya adalah untuk mencari bakat-bakat yang akan dipanggil dalam seleksi pemain timnas U-23 tahap pertama. Pelatih anyar Indonesia, Luis Milla, bersama asisten lainnya, Miguel Gandia, terbang ke Malang untuk memantau laga lain.

Bima mengungkapkan, Eduardo yang merupakan pelatih kiper mencari kriteria khusus dalam mencari sosok di bawah mistar gawang.

“Mau cari kiper yang modern, yang bisa main dengan kaki dan bukan hanya tangkap bola saja,” kata Bima ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (13/1) pagi.

“Dia (Eduardo) pelatih dan mantan kiper. Dia ingin mencari kiper yang modern yang bisa jadi seorang libero. Harus bisa main, bisa jadi tembok buat pemain belakang. Kalau pemain belakang kesulitan bisa passing ke mereka. Harus aktif bukan hanya tangkap bola saja.”

Bima menyatakan, keduanya telah melihat beberapa bakat yang mereka inginkan di Piala Presiden. Mereka akan menggabungkan catatan-catatan dari Bandung dengan hasil pantauan pertandingan di Grup Madura dan Grup Sleman.

Besok pagi Bima dan Eduardo akan langsung terbang ke Surabaya dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Sleman pada Rabu. Tim kepelatihan di bawah Luis Milla kemudian akan merapatkan dan memilih 25 nama yang akan bertarung memperebutkan tempat di tim nasional Indonesia U-23.

Saat ini Bima sendiri enggan mengungkapkan nama-nama yang menurutnya mendapatkan catatan bagus agar tak menggangu konsenterasi pemain di sisa laga Piala Presiden.

“Finalisasi hari Jumat. Hari berkah. Kami akan panggil semua pemain-pemain yang akan dipanggil seleksi tahap pertama,” katanya. (mb/cnn indonesia)

Related posts