5 Desa di Rohul Riau Banjir, Sejumlah Sekolah Diliburkan

Metrobatam, Pekanbaru – Curah hujan yang masih tinggi membuat sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohu), Riau mengalami banjir. Akibatnya, sejumlah sekolah terpaksa diliburkan.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo menjelaskan, banjir tersebut terjadi di Kecamatan Bonai Darussalam yang menggenangi lima desa yakni, Kasang Mangkal, Kasang Padang, Teluk Sono dan Bonai.

Read More

“Ketinggian air di lima desa tersebut antara 50 cm sampai 1 meter. Air ini meluapan dari sungai Rokan,” kata Guntur kepada detikcom, Selasa (7/3).

Dengan kondisi banjir tersebut, kata Guntur, seratusan rumah warga di lima desa tersebut tergenang air. Tidak hanya rumah warga, fasilitas umum lainnya juga turut menjadi korban. Fasilitas umum yang juga tergenang air itu seperti puskesmas, pasar tradisional, Kantor KUA, dan sejumlah sekolah dari TK, SD, SMP dan SMA. Fasilitas umum ini tergenang air setinggi 1 meter.

“Mengingat sekolah juga tergenang air, sehingga aktifitas sekolah untuk sementara diliburkan. Tim di lokasi juga kini sudah membangun dapur umum,” ujar Guntur.

Banjir yang merendam di Desa Bonai, kata Guntur, tercatat ada 30 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke rumah sanak familinya. Namun demikian, sebagian besar tetap berdiam di rumahnya masing-masing.

Masih menurut Guntur, kini tim Polsek Bonai Darussalam bersama Pemkab Rohul bersama-sama mendirikan tenda darurat. “Tim kita juga menyampaikan ke warga untuk tetap waspada mengingat cuaca yang tidak menentu saat ini,” tutur Guntur.(mb/okezone)

Related posts