Banjir Mulai Surut, Warga Limapuluh Kota Terserang Penyakit Gatal-Gatal

Metrobatam, Limapuluh Kota – Usai diterjang banjir dan longsor, warga di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, terserang penyakit gatal-gatal. Penyakit yang menyerang warga tersebut sulit ditanggulangi dengan cepat lantaran minimnya tenaga medis.

“Saat ini masyarakat mengidap penyakit gatal-gatal dan penyakit lain. Ditambah lagi tenaga medis dari Pemda masih kurang dan itu sudah kita sampaikan untuk menambahkan tenaga medis kepada Pak Bupati dan Pak Kapolres sebagai komando tanggap darurat,” kata Camat Pangkalan Koto Baru Jonianto, Selasa (7/3).

Read More

Tak hanya itu saja masalah yang dihadapi warga, menurut Jonianto, kendala air bersih juga menjadi masalah karena sumur seluruh milik warga tergenang banjir. “Kita sudah meminta mesin penyedot lumpur atau damkar untuk membersihkan, kemudian jaringan PDAM belum bisa berjalan,” tuturnya.

Jonianto mengatakan, buruknya jalan ke lokasi banjir menyulitkan tim medis untuk merujuk warganya yang akan melahirkan ke rumah sakit.

“Saat ini akibat longsor jalan banyak berubah karena rusak, Dinas PU sudah ke lokasi, sedangkan bantuan sudah ada,” tutupnya.(mb/okezone)

Related posts