Banjir Sumbar Mulai Surut, Warga Diimbau Tetap Waspada

Banjir melanda komplek perumahan ibi Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Sabtu (26/3). Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari ini menyebabkan banjir di sejumlah kawasan pemukiman Musi Banyuasin. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/16.

Metrobatam, Lengayang – Banjir di Desa Adat (Nagari) Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (7/3) pagi berangsur surut.

Banjir yang menggenangi rumah warga hingga 80 centimeter itu terjadi karena meningkatnya debit air Sungai Batang Lakitan akibat hujan yang terjadi sejak Senin malam.

Read More

Warga setempat, Nurdin (29) di Painan, mengatakan banjir yang menggenangi puluhan rumah berangsur surut menjelang siang.

“Kami berharap semoga hujan tidak kembali turun sehingga debit air sungai tidak meningkat,” kata dia.

Terpisah, Camat Lengayang, Gusdan Yuwelmi mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mendata kerugian akibat banjir di kecamatan itu.

“Memang dari semalam hujan terus mengguyur kecamatan kami, saya sudah perintahkan masing-masing wali nagari (kepala desa adat) membuat laporan sehingga kami bisa mengambil tindakan cepat,” kata Yuwelmi.

Ia mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan sehingga kerugian akibat bencana banjir bisa diminimalkan.

“Tetap waspada, karena di kecamatan ini terdapat beberapa aliran sungai bukan tidak mungkin banjir akan terjadi mengingat cuaca yang masih akan hujan,” katanya.

Ia pun meminta warga aktif memberikan laporan terkait situasi yang terjadi sehingga langkah antisipatif segera diambil.(mb/okezone)

Related posts