oleh

Belasan Ribu Rumah di Riau Masih Terendam Banjir

Metrobatam, Pekanbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Riau menyatakan sampai saat ini banjir masih melanda lima kabupaten di provinsi itu. Sedikitnya 14.311 rumah masih terendam.

Banjir di Riau melanda lima kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Indragi Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hulu (Rohul) dan Kabupaten Kampar. Banjir datang tidak bersamaan. Ada yang sudah tiga minggu, tapi ada juga yang baru sepekan.

Banjir paling lama terjadi Kabupaten Rokan Hulu. Di mana sudah sekira tiga pekan banjir belum juga surut. Di Kabupaten Pelalawan banjir sempat surut 3 hari lalu, namun kembali naik hari ini.

Sementara di Inhu, banjir merendam rumah warga sejak 10 hari lalu. Di sini, dua warga jadi korban tewas terseret banjir pada 13 Maret lalu. Mereka ayah dan anak warga Desa Petalongan, Kecamatan Pasir Penyu. Keduanya ketika itu berupaya menyelamatkan barang-barang dari rumah mereka yang terendam.

Sementara di Kabupaten Kampar dan Kuansing banjir sudah melanda sekitar 2 pekan.

Kepala BBPD Riau, Edwar Sanger mengatakan daerah yang masih parah terendam banjir adalah Kabupaten Inhu. Tercatat ada 4.643 KK (Kepala Keluarga) atau sekitar 21.186 jiwa terkena dampaknya.

“Banjir itu terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Peranap, Kuala Cenaku, Rengat Barat, Lirik, Rengat, Sei Lala, Batang Peranap, Kelayang dan Kecamatan Rakit Kulim. Ratusan kepala keluarga masih mengungsi,” ucap Edwar, Senin (20/3).

Di Kabupaten Pelalawan, sedikitnya 2.724 kepala keluarga (KK) atau 9.128 jiwa menjadi korban banjir. Ketinggian air mencapai 76 sentimeter. Banjir di Pelalawan menyebar di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pelalawan, Langgam dan Kecamatan Pangkalan Kuras.

Sedangkan banjir di Kuansing melanda Desa Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik, Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar, Desa Mudik Hulu Kecamatan Hulu Kuantan dan ada juga longsor jalan di Desa Lubuk Ancang. Banjir ini berdampak terhadap 385 KK.

“Untuk di Kabupaten Rohul korban banjir ada 1.664 KK atau 6.185 jiwa. Banjir di Rohul terjadi di tiga kecematan yakni Rambah, Rambah Hilir dan Kecamatan Bonai Darusslam,” imbuhnya.

Sementara di Kabupaten Kampar sedikitnya 5.247 rumah terkena dampak banjir bahkan 3.160 Kepala Keluarga terisolir akibat jalan yang menghubungkan antar kecamatan dan desa terputus.

Banjir di Riau ini disebabkan meluapnya sejumlah sungai akibat tingginya intensitas hujan. “Terkait banjir di sejumlah daerah BPBD sudah menyalurkan sejumlah bantuan dan mendirikan dapur umum,” tandasnya.(mb/okezone)

News Feed