Berkeliling Arena IORA, Jokowi dan PM Australia Turnbull Cicipi Air Kelapa

Metrobatam, Jakarta – Bersama sejumlah kepala negara termasuk PM Australia, Malcolm Turnbull, Presiden Joko Widodo berkeliling di arena booth KTT IORA 2017.

Jokowi dan rombongan tampak berhenti di booth yang menyajikan kopi Indonesia. Penjaga booth menjelaskan kopi yang disajikan di meja. “Ini kopi berbagai macam dari Indonesia,” ujarnya kepada Jokowi dan rombongan, Selasa (7/3).

Read More

Dari booth itu, Jokowi melanjutkan keliling melihat booth lainnya. Jokowi juga sempat mencicipi air kelapa murni yang disajikan di booth Kara Coco.

Menurut perwakilan dari Karra, Tay Enoku mengatakan, Jokowi sempat menanyakan soal produksi produk.

“Tadi Jokowi sempat coba air kelapa murni lalu bertanya apakah ini kelapa murni asli dan sudah sampai mana penyebarannya. Saya bilang ini sudah ke beberapa negara kecuali Afrika Selatan. Setelah itu dirinya berbicara pada perwakilan Afrika Selatan,” ujar Tay.

Bukan hanya Jokowi yang mencicipi air kelapa itu, namun Turnbull juga ikut mencicipi. “Tadi Perdana Menteri Australia juga nyobain coconut milk drink, dia bilang dirinya sangat menyukai kelapa,” ujar Tay.

Majukan Perekonomian Dunia
Sebelumnya saat membuka Pertemuan Antar Kepala Negara anggota IORA 2017 Jokowi mengatakan, perempuan memegang peran penting dalam kemajuan perekonomian dunia.

“Pengalaman di seluruh dunia menunjukan, paling gampang dan paling mudah menggenjot ekonomi dengan pemberdayaan perempuannya,” ujar Jokowi pada pembukaan pertemuan Kepala Negara IORA 2017 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (7/2).

Dirinya juga menyampaikan pepatah mengenai perempuan. Dia mengatakan bahwa dibalik laki-laki hebat ada perempuan hebat dibelakangnya.

“Kita harus ingat pepatah yang saya kira amat benar yaitu, behind every great man there is a great woman. Di belakang orang hebat ada seorang wanita hebat,” ungkapnya disambut tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Jokowi juga menyampaikan bahwa Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi pernah menerbitkan deklarasi kesetaraan wanita dan pemberdayaan ekonomi perempuan di Bali.

“Tahun lalu menteri luar negeri Indonesia menerbitkan deklarasi kesetaraan wanita dan pemberdayaan ekonomi perempuan di Bali,” ungkapnya.

Jokowi membuka acara ceremonioal Pertemuan Kepala Negara KTT IORA 2017 didampingi oleh wakil Presiden, Jusuf Kalla, juga beberapa kepala negara yang yang hadir dengan menabuh gendang bersamaan.

Sebelumnya para penari cilik perempuan menampiljkan sebuah tarian tradisional Indonesia. Setalah itu mereka memberikan gendang tersebut kepada Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Kepala Negara Lainnya.

Acara hari ini dihadiri Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bersama Ibu Negara Afrika Selatan Bongi Ngema Zuma, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, Presiden Mozambik Filipe Nyusi, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Ibu Negara Malaysia Rosmah Mansor, Perdana Menteri Australia Malclom Trunbull. (mb/detik)

Related posts