Ditpam BP Batam Amankan Hasil Pembalakan Hutan di Kawasan KKOP Bandara Hang Nadim

Petugas Ditpam BP Batam berhasil mengamankan 40-an potong kayu olahan dalam penyergapan di lokasi hutan lindung wilayah Temiang, Batuaji, Batam, Selasa (19/5/2015) sore.

Metrobatam.com, Batam – Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam kembali menemukan kegiatan pembalakan liar dan pertambangan di kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP) Bandara Internasional Hang Nadim oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Tim Ditpam BP Batam kembali menemukan pembalakan liar. Namun saat petugas datang pelaku semua melarikan diri meninggalkan kayu-kayu yang sudah dipotong,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Selasa.

Read More

Ia mengatakan, personil sekitar 70 orang yang turun kelokasi akhirnya mengamankan kayu-kayu tersebut dari lokasi kawasan Bandara Hang Nadim Batam.

“Selain kayu kami juga mengamankan mesin-mesin penyedot pasir yang juga digunakan untuk menambang secara ilegal kawasan itu. Jadi hari ini ada dua pelanggaran yang ditindak,” kata dia.

Petugas Ditpam BP Batam, kata dia, akan rutin melakukan pengawasan dan penertiban pada seluruh kawasan yang berpotensi terjadi pembalakan liar ataupun penambangan pasir ilegal di Kota Batam.

Selain pada kawasan keselamatan penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, sejumlah hutan lain di Batam juga banyak yang dijarah. Sementara yang memiliki kandungan pasir juga dilakukan penambangan secara ilegal.

“Kami juga sudah sering mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan ilegal. Namun banyak yang membandel sehingga saat ditemukan dilakukan tindakan tegas,” kata Purnomo.

Sementara itu Direktur Pengamanan (Ditpam) BP Batam Budi Santoso mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga kawasan KKOP Bandara Hang Nadim.

Hal tersebut, kata dia, untuk membantu menjaga keselamatan penerbangan, mengingat lokasi tersebut merupakan kawasan berdekatan dengan landas pacu penerbangan.

“Jika terus dirusak dan permukaan tanah turun maka berpotensi mengganggu keselamatan penerbangan. Ini harus dijaga bersama-sama,” kata Budi.

Sebelumnya pihak Ditpam BP Batam juga sudah merazia sejumlah tambang pasir ilegal pada KKOP Hang Nadim Batam.

Mb/Antara

Related posts