oleh

Lagi-lagi FUI Gelar Aksi 313, Salat Jumat di Istiqlal Kemudian Long March ke Istana

Metrobatam, Jakarta – Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi 31 Maret 2017 mendatang. Aksi dimulai dengan salat jumat di Masjid Istiqlal kemudian mengarah ke Istana Merdeka.

“Saya selaku tokoh agama yang tergabung di FUI akan mengikuti aksi 313 yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal dan diikuti dengan jamaah dari berbagai daerah,” kata Sekjen Dewan Syuro DPD Front Pembela Islam (FPI) Novel Bamukmin, saat dikonfirmasi, Senin (27/3).

Setelah salat Jumat peserta aksi akan mengarah ke Monas dan Istana Merdeka melalui Jl Wijayakusuma lanjut ke Jl Medan Merdeka Selatan mengarah ke bundaran Patung Kuda dan tiba di Monas. Mereka kemudian akan menyampaikan aspirasi di depan Istana Merdeka di Jl Medan Merdeka Utara.

“Selesai salat Jumat akan long march ke depan Istana. Di sana akan menyampaikan aspirasi langsung ke Istana,” katanya.

Tuntutan aksi ini masih sama seperti aksi sebelumnya. Intinya mereka minta Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kini berstatus tedakwa kasus penistaan agama.

“Tuntutannya agar gubernur terdakwa segera dipenjarakan dan diberhentikan dari jabatannya,” terang Novel.

“Untuk massa-nya Insyaallah seperti aksi 411,” tutupnya.

Sementara Polri mengaku belum menerima surat pemberitahuan terkait aksi 313 yang akan dilaksanakan Jumat pekan ini. Namun begitu, setiap kegiatan masyarakat akan dikelola oleh Polri.

“Sampai saat ini Polri belum menerima pemberitahuan tentang kegiatan tersebut. Bagi polri, setiap kegiatan masyarakat akan kami kelola supaya pelaksanaan berjalan baik dan lancar,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin.

Selain itu, Polri juga menjamin keamanan warga yang lokasinya berdekatan dengan aksi tersebut. “Warga lainnya di sekitar pelaksanaan tersebut juga merasakan kelancaran dan keamanan mereka,” katanya.

Dalam postingan yang beredar di dunia maya, Forum Umat Islam (FUI) bersama jajaran ‘alumni’ aksi 212 akan menggelar aksi 313 pada Jumat (31/30 mendatang. Mereka menuntut Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Kita mulai salat Jumat di Istiqlal, kemudian jalan ke Monas dan depan Istana,” kata Sekjen FUI, Muhammad Al-Khaththath, saat dikonfirmasi, hari ini.

Khaththath menuturkan peserta aksi ini adalah organisasi peserta aksi bela Islam 2 Desember 2016 lalu. “Seluruh alumni 212 diajak, siapa tokohnya nanti diinformasikan kemudian,” katanya.(mb/detik)

News Feed