Lapas Klas II Jambi Rusuh, 12 Orang Terluka

Metrobatam, Jambi – Sebanyak 12 orang terluka akibat kerusuhan yang terjadi di Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) Klas II Jambi, pada Kamis (2/3) dini hari. Para korban terdiri 6 dari pihak narapidana dan 6 pihak lapas. Sebagian dari mereka mengalami sesak nafas akibat asap.

Kapolda Jambi, Yazid Fanani mengatakan, kerusuhan terjadi di dalam lapas karena ketidakpuasan warga binaan terhadap kondisi Lapas yang melebihi kapasitas.

Read More

“Dari Polri kena lemparan batu dan mengalami luka, saat ini sedang dirawat 6 orang, dan dari napi juga 6 orang, tidak ada korban jiwa hanya luka terkena lemparan,” ujar Yazid usai melakukan mediasi dengan napi.

Ia menjelaskan, akibat kerusuhan juga menyebabkan terbakarnya kantin dan aula di dalam lapas. “Yang pasti kantin dan aula itu kebakar, tapi api berhasil kita padamkan. Kita pastikan bahwa seluruh tahanan aman dan selamat, tahanan wanita kita pastikan sudah di evakuasi dan aman,” pungkasnya.

Setelah dilakukan dialog antara pihak narapidana (napi), lapas, kepolisian dan TNI kerusuhan yang terjadi di Lapas Klas II A Jambi akhirnya mereda. Dialog terjadi alot, bahkan suara teriakan masih terus terjadi namun kerusuhan sudah mereda.

Usai berdialog dengan napi, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani mengatakan kerusuhan ini terjadi karena ketidakpuasan warga binaan akibat Lapas yang overload.

“Hasil dialog kami dengan warga binaan permasalahan ini dipicu karena penuh sesaknya lapas ini oleh napi, hingga kerusuhan ini adalah bentuk protes terhadap Lapas,” jelas Yazid.

Sementara itu Kapolda Jambi mengatakan jika akibat kerusuhan tidak ada korban jiwa, namun jika korban luka dan sesak nafas memang ditemukan usai kerusuhan ini. “Tidak ada korban jiwa, yang ada terluka karena lemparan. Kita pastikan semua tahanan aman,” kata Kapolda Yazid, Kamis (2/3) dini hari.

Di tempat terpisah, Kalapas Klas II A, Djarot Sugiarto mengatakan, selain kondisi lapas yang over kapasitas, masalah juga dipicu karena seringnya razia. “Karena ketidakpuasaan terhada kondisi Lapas makanya terjadi kerusuhan,” jelasnya.(mb/okezone)

Related posts