oleh

Mobil Kepresidenan Jokowi yang Mogok di Kalbar Buatan Tahun 2007

Metrobatam, Jakarta – Mobil Kepresidenan yang mogok saat dipakai Presiden Joko Widodo kunjungan kerja di kawasan Kalimantan Barat, Sabtu, 18 Maret 2017, merupakan buatan tahun 2007. Mobil tersebut dinilai masih laik jalan.

Mobil Kepresidenan berpelat RI 1 itu bermerk Mercedes Benz S600. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, mobil itu dibawa dari Jakarta ke Kalimantan Barat untuk transportasi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana selama melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut.

“Memang dibawa dari Jakarta. Mobil presiden itu ada beberapa, yang bagus kita pakai. Yang dulu-dulu kita pakai karena pemeliharaan rutin bagus,” kata Darmansjah saat dihubungi via telepon, Senin (20/3).

Dikatakan Djumala, mobil tersebut merupakan buatan tahun 2007. Mobil itu juga rutin menjalani pemeriksaan dan perawatan.

“Itu mobil 2007, dan itu termasuk kondisi baik karena pemeliharaan rutin dan reguler sesuai dengan log book, dan itu terdata dan servis bulanan, servis berkala,” katanya.

Namun, karena faktor umur, lanjut Djumala, mobil itu pun bisa mogok. Beberapa bagian mobil itu dinilai sudah ‘berumur tua’.

“Kita periksa karena faktor umur sudah 10 tahunan, jadi memang mobil itu ada saja detail kecil yang haus. Tetapi itu masih bisa dipakai,” katanya.

Ternyata mogoknya mobil kepresidenan ini bukan hanya kali ini. Saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, sedan tersebut kembali mogok. Namun tidak diketahui sebab S600 Guard yang ditumpangi Jokowi mogok.

Mercedes-Benz S600 Guard yang menjadi mobil dinas Jokowi saat ini dibeli pada era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mobil dibeli pada 2004 lalu.

Belakangan pihak Istana menyatakan mobil Kepresidenan yang mogok tersebut merupakan mobil buatan tahun 2007.

Seperti nama yang disematkan yakni ‘Guard’, mobil memiliki perlindungan tertinggi. Mercedes-Benz S600 Guard memiliki bodi yang dilapisi baja sehingga mampu menahan senjata dan bahan peledak.

Selain itu, fitur pelindung yang membuat pengamanan mobil ini ekstra ketat yakni tangki dapat mengunci otomatis sekaligus memadamkan api. Hal itu berkat penyekat khusus di dek bagian bawah mobil.

Ketebalan kaca S600 Guard juga dirancang dengan lapisan polikarbonat sehingga tahan terhadap peluru dan ledakan.

Dari segi performa, mobil menggandeng mesin twin turbocharged 5,5 liter V12 yang menghasilkan 522 bhp dan torsi maksimum 830 Nm. Mobil juga mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 210 kilometer per jam.(mb/detik)

News Feed