Sedang Latihan Pilot Baru, Pesawat Tempur F 16 Terbalik di Pekanbaru

Metrobatam, Pekanbaru – Pesawat tempur F-16 dari Skadron 16 Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau tergelincir dan terbalik saat melakukan pendaratan. Menurut pihak TNI AU, pesawat F 16/TS 1603 ini sedang melakukan kegiatan latihan.

“Pesawat F 16 itu sedang melakukan pelatihan terhadap pilot baru,” ucap Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi, Selasa 14 Maret 2017 malam.

Read More

Dia menjelaskan, pesawat F-16 itu dipiloti oleh Lettu Pnb Marko merupakan siswa konversi. “Sebelumnya Lettu Marco adalah pilot pesawat tempur Hawk 100/200. Kemudian dia dikonversi untuk jadi pilot pesawat tempur F-16,” tandas jendral bintang satu ini.

Dia mengatakan keduanya dalam keadaan sehat. Saat tergelincir di areal Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, pesawat pengalami patah pada bagian ekor, sementara bagian depan penyok (deformasi).

Setelah mendarat, pesawat mengalami masalah pada bagian rem sehingga tergelincir dan posisinya terbalik.

Pihak Lanud Roesmin Nurjadin menyatakan pesawat tempur tersebut laik terbang. “Dan pesawat ini (yang tergelincir) dinyatakan laik terbang. Pesawat terbang itu bukan ditentukan tua atau muda atau baru, tapi ditentukan laik terbang,” kata Henri.

Pesawat tempur F-16 itu, kata Henri, tergelincir dari landas pacu sekitar 150-200 meter. “Kenapa sampai bisa keluar dari landasan? Ini semua masih dalam penyelidikan. Saya tidak bisa menyampaikan hal itu. Nanti akan ada tim yang melakukan penyelidikan,” kata Henri.

Henri menjelaskan, pesawat yang tergelincir tersebut merupakan pesawat yang dibeli baru pada tahun 1991 hingga 1992.

“Sebelumnya, pesawat F-16 tersebut beroperasi di Lanud Iswahyudi. Sedangkan operasi di Lanud Roesmin Nurjadin pada April 2016,” kata Henri.(mb/okezone/detik)

Related posts