Sejumlah Desa di Riau Terisolasi karena Banjir, Bantuan Diantar Pakai Heli

Metrobatam, Kampar – Sejumlah desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, saat ini terisolasi karena banjir dan tanah longsor. Bantuan bahan kebutuhan pokok terpaksa diberikan dengan menggunakan helikopter.

Bantuan tersebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dan Pemerintah Kabupaten Kampar. Pemberian bantuan dengan helikopter ini dilakukan pada Selasa (7/3) oleh Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Penjabat Bupati Kampar Syajrial Abdi, serta Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi.

Read More

Menurut Edwar Sanger, bantuan ini diantar dengan heli karena akses jalan di kecamatan tersebut terputus akibat banjir. Jalan desa yang diterjang banjir juga tidak bisa dilalui kendaraan.

“Jalan desa banyak yang tergenang air sehingga akses desa pun terputus. Apalagi kondisi jalan belum beraspal,” katanya.

Belum lagi, lanjut Edwar, ada badan jalan yang tertutup longsoran tanah. Kondisi geografis wilayah di Kecamatan Kampar Kiri Hulu tersebut memang berupa perbukitan.

“Karena itulah, kita mencoba memberikan bantuan kepada warga. Terutama kami memberikan bantuan beras, dan itu pun terbatas karena menggunakan heli,” kata Edwar.

Pihak BPBD Riau bersama Pemkab Kampar masih akan mengantarkan lagi bantuan kepada warga yang saat ini terisolasi. Bantuan yang disalurkan tadi berada di lapangan sepak bola Desa Batu Sasak.

“Kita akan tetap memantau kondisi di lapangan. Saat ini memang sejumlah kabupaten di Riau dilanda banjir akibat curah hujan yang masih tinggi,” tutup Edwar.(mb/detik)

Related posts