Spesialis Pembobol Rumah Kosong di Batam Ditangkap Polda Kepri

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau, menangkap satu residivis spesialis pembobol rumah kosong dan satu penjual barang hasil curian yang selama ini sudah beraksi pada puluhan rumah di Batam.

“Dua orang itu adalah MS selaku pembobol rumah-rumah yang kosong ditinggal pemiliknya. Sementara WS adalah orang yang membantu menjual barang-barang hasil curian MS,” kata Kasubdit III Ditreskrimum Polda Kepri AKBP R Bagoes Wibisono di Mapolda Kepri, Batam, Senin.

Read More

MS, kata dia merupakan residivis yang pada 2012 sudah pernah dipenjara di Batam dengan kasus serupa. Namun setelah keluar penjara kembali mengulangi perbuatannya.

“Jadi modusnya mendatangi rumah yang sepi. Kemudian mengetuk pintu, jika tidak ada yang menjawab ia langsung masuk. Tapi jika ada orangnya berpura-pura tanya alamat,” kata dia.

Dalam pemeriksaan, kata Bagoes, pengakuan tersangka sudah membobol sebanyak 10 rumah baik di Batam Centre maupun di Batuaji. Namun hingga saat ini baru ada dua LP dari Polsek Batam Kota saja.

“Barang yang diambil biasanya perhiasan, laptop, HP, televisi, dan barang berharga lain yang mudah dibawa. Karena dia beraksi seorang diri dan hanya menggunakan motor metik,” kata Bagoes.

Sementara itu, WS berperan menjual barang-barang hasil curian dengan memantau situs jual beli untuk mencari tahu orang yang butuh barang kemudian menelpon pada nomor yang dicantumkan.

“Jadi tidak diposting, karena bisa ketahuan kalau barang curian. Hanya memantau dan menelepon orang yang butuh saja. Kemudian tawar-menawar dan bertemu jika sepakat,” kata Agoes.

Kasus ini, kata dia, hingga saat ini masih proses penyidikan oleh petugas guna melengkapi berkas pemeriksaan.

“Masih dalam pemberkasan. Jika sudah selesai akan segera dikirimkan ke kejaksaan. Kami juga menahan motor pelaku yang digunakan untuk mencuri dan alat yang digunakan dalam beraksi,” kata dia.

Mb/Antara

Related posts