oleh

Pemko Batam Terima 10.000 Blangko e-KTP

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menerima 10.000 blangko KTP Elektronik dari pemerintah pusat dan segera akan dipergunakan untuk mencetak kartu identitas penduduk dan dibagikan kepada warga.

“Blangko KTP Elektronik datang Jumat (7/4). Hari ini kami distribusikan ke kecamatan se-kota Batam. Sesuai kebutuhan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Batam Said Khaidar di Batam, Senin.

Jumlah blangko yang diterima Pemkot masih nisbi sedikit dari pada kebutuhan yang mencapai 100.000 blangko, sesuai dengan angka warga yang sudah merekam data.

Ia mengatakan blangko itu akan diprioritaskan untuk mencetak KTP Elektronik warga yang sudah merekam pada September dan Oktober 2016.

Pencetakan KTP Elektronik untuk warga pendatang dan perpanjangan dilakukan di Kecamatan masing-masing tempat warga berdomisili.

Sedangkan KTP Elektronik untuk pelajar yang baru pertama kali memperoleh kartu identitas akan dilakukan di kantor Disdukcapil Batam.

“Kami bedakan agar tidak rancu nantinya. Jadi yang pelajar cetaknya di Disduk,” ujar Said.

Disdukcapil meminta kecamatan untuk menggesa pencetakan KTP Elektronik, dan ditargetkan selesai dalam sepekan.

Bahkan, bila diperlukan petugas harus lembur demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Menurut informasi dari petugas IT, mesin cetak KTP bisa mencetak 120 keping KTP Elektronik per hari. Sehingga target selama seminggu akan terkejar,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad yang meninjau proses distribusi blangko KTP mengatakan pembagian akan disesuaikan dengan waktu perekaman data.

“Jadi pembagiannya dilihat dari jumlah yang sudah merekam di bulan September dan Oktober. Kalau kurang kita akan jemput bola lagi. Kita utus kepala Disdukcalil kesana,” ujar Amsakar.

Antara

News Feed