Unit K-9 Bea Cukai Batam akan Perkuat Pangamanan di Bandara Hang Nadim

Metrobatam.com, Batam – Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengatakan pihak Bea dana Cukai akan menempatkan anjing pelacak untuk mengidentifikasi barang bawaan penumpang sebagai antisipasi upaya penyelundupan narkoba.

“BC akan menempatkan unit K-9 (anjing pelacak) untuk pemeriksaan,” kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Kamis.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, hal itu menindaklanjuti beberapa keberhasilan tim keamanan (Avsec) Bandara Hang Nadim dalam mencegah upaya penyelundupan narkoba melalui bandara itu.

Menurutnya, petugas harus lebih waspada mengingat selalu ada upaya dari beberapa pihak untuk berusaha meloloskan narkoba, mengingat bisnis itu cukup menggiurkan dan melibatkan jumlah uang yang sangat besar.

“Ini untuk meningkatkan upaya pencegahan. Jadi kami bekerja sama dengan BNN, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, maskapai penerbangan, Ground Handling dan Kepolisian dalam mengamankan bandara,” kata dia.

Keputusan tersebut juga merupakan hasil diskusi bersama berbagai pihak mengidentifikasi berbagai modus penyelundupan narkoba.

“Meskipun ada anjing pelacak, pemeriksaan x-ray dan pemeriksaan secara manual tetap dilakukan. Jadi semakin berlapis,” kata Suwarso.

Batam sebagai pintu masuk bagi Indonesia bagian barat, kata dia, menjadi sasaran tersendiri bagi para penyelundup untuk memasukkan narkoba.

“Berbagai pola dilakukan oleh para penyelundup, dan Provinsi Kepri dijadikan sebagai titik transit bagi narkoba yang masuk melalui beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura,” kata dia.

Antara

Pos terkait