Arab Saudi dan Uni Emirat Tetapkan Puasa Dimulai Sabtu

Metrobata, Jakarta – Kementerian Agama di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menetapkan awal puasa Ramadan 1438 Hiriyah atau 2017 Masehi akan dimulai pada Sabtu (27/5) waktu setempat.

Melansir AFP, pengumuman tersebut muncul setelah Kementerian Agama di kedua negara Teluk Arab tersebut gagal melihat hilal pada Kamis (25/5) malam waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Ulama Sunni asal Lebanon, Abdullah Deryan juga mengumumkan bahwa Sabtu (27/5) akan menjadi awal Ramadan. Belum ada pengumuman lain dari negara-negara mayoritas Muslim di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sedangkan di Indonesia, Kementerian Agama baru akan melaksanakan sidang isbat pada Jumat (26/5) sore. Sidang isbat tersebut akan melihat hilal dari 77 titik di Indonesia.

Seperti pada sidang isbat sebelumya, nantinya sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kemudian akan dihadiri pula oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium Jakarta.

Selain itu, juga ada pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan tim hisab dan rukyat Kementerian Agama.

Di sisi lain, pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu (27/5) sementara 1 Syawal pada 25 Juni 2017.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki yang dilakukan pada awal Maret silam, yaitu penghitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait