oleh

Jelang Ramadan, Penipu Modus Sumbangan Masjid Makin Marak

Metrobatam, Medan – Menjelang bulan Ramadan, penipuan dengan modus sumbangan masjid pun kembali merabak. Seorang terduga pelaku penipuan pun diciduk di Jalan Sidomulyo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (25/5/2017).

Pria tersebut bernama Darwin Tarigan,(25). Akibatnya ulahnya, Dawrin terpaksa diseret warga ke Polsek Percut Seituan.

Info yang diperoleh di Polsek Percut Seituan menyebutkan, tersangka Darwin bersama seorang pria bernama Lukman,(40) yang mengaku ustad berkeliling meminta sumbagan kepada para warga dengan alasan untuk merehab masjid untuk persiapan bulan Ramadan yang berada di Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

“Pelaku datang ke rumah minta sumbangan untuk merehab masjid di Sergai, agar orang di sana tidak kehujanan saat salat tarawih nanti,” kata Ari Andika Lubis (21) warga Jalan Sidomulyo Dusun V, Tembung.

Mendengar penjelasan tersebut, Erni (42) orangtua dari Ari ini pun langsung memberikan sumbangannya berupa uang tunai sebesar Rp1,1 juta untuk dibelikan seng satu kodi.

Setelah diberikan keduanya pun langsung pergi meninggalkan rumah korban. Merasa curiga, Erni kemudian menghubugi pelaku melalui nomor handphone Lukman dengan alasan ingin memberikan sumbangan lagi.

“Kemudian orangtua saya menghubunginya dan mengatakan berapa lagi diperlukan untuk masjid tersebut, pelaku menjawab Rp 4 juta lagi, kalau begitu datang lah ke rumah,” kata Ari.

Tak lama Darwin datang ke rumah korban. Begitu sampai warga langsung mengintrogasi pelaku ini. Ternyata benar uang sumbangan tersebut bukan untuk masjid melainkan untuk pribadi para pelaku.

“Si Darwin diantar kawannya (Lukman) naik sepeda motor, kawannya itu langsung pergi begitu mengantar pelaku ke rumah. Ada 3 orang warga kami sudah memberi sumbagan sama mereka, salah satunya istri DPD PAN Deli Serdang, pak Irawan,” kata Ari.

Sementara itu pelaku mengaku uang sumbangan tersebut semuanya dipegang oleh Lukman. “Semua uangnya sama pak Lukman, dia memang bukan ustad, aku pun belum dikasihnya uang itu,” aku Darwin.

Sementara Kapolsek Percut Seituan Kompol Pardamean Hutahean membenarkan adanya penangkapan tersebut dan pelakunya masih diperiksa. Sedangkan polisi masih mencari keberadaan Lukman.(mb/okezone)

News Feed