Jokowi Minta Tokoh Agama Bantu Atasi Gesekan di Masyarakat

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta para tokoh agama membantu pemerintah menyelesaikan gesekan dalam masyarakat sedini mungkin.

Permintaan itu disampaikan Presiden Jokowi saat bertemu 100 anggota Forum Kerukunan Umat Beragama se-Indonesia di Istana Bogor.

Bacaan Lainnya

Jokowi meminta agar sekecil apapun masalah di masyarakat tak dibiarkan berbulan-bulan. Permasalahan terutama di daerah diharapkan selesai segera dan secara baik-baik.

“Saya titip agar jika ada percikan sekecil apapun, selesaikan. Pada saat api masih sangat kecil, ingatkan yang bergesekan bahwa kita berbeda tapi bersaudara sebangsa dan setanah air,” ujar Jokowi, Selasa (23/5).

Ia berpendapat, gesekan masyarakat yang selama ini terjadi dikarenakan perbedaan pemahaman politik. Sehingga, tokoh agama dapat menjelaskan hal yang masuk wilayah agama, politik, dan hukum ke daerah-daerah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kerap bertemu tokoh lintas agama. Dalam setiap kesempatan, ia selalu menegaskan seluruh warga Indonesia bersaudara meski berbeda-beda. Persatuan dalam perbedaan yang terjalin selama ini menjadi perhatian banyak negara sahabat.

Kepada para tokoh agama, Jokowi menceritakan rasa penasaran banyak tokoh mengenai kerukunan dan toleransi umat di Indonesia seperti Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani.

Saat bertemu Jokowi, Presiden Ashraf mengatakan negaranya kaya raya terutama atas emas, minyak, dan gas. Namun, kondisi di negara itu kini diramaikan pertikaian besar yang menyebabkan Afghanistan terbagi menjadi 40 fraksi yang sulit dirukunkan.

“Pesan beliau jaga betul kerukunan. Jangan biarkan 250 juta penduduk berantem karena 100-2000 orang. Jangan korbankan rakyat, mengaca dari pengalaman Afghanistan,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait