Manfaat Sehat Makan Buah Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Di bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu asupan populer yang banyak diminati. Buah ini kerap menjadi menu ‘wajib’ untuk sahur dan berbuka puasa.

Menurut Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, kurma memang baik dikonsumsi saat berpuasa karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Termasuk dalam bahan makanan sumber karbohidrat, kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Bacaan Lainnya

“Fruktosa di dalam tubuh untuk digunakan oleh sel tidak membutuhkan hormon insulin. Dengan kata lain, kalau kita makan fruktosa gula yang ada itu bisa langsung masuk ke dalam sel, jadi bisa digunakan sebagai energi,” tutur dr Samuel kepada detikHealth.

Selain memberikan rasa kenyang lebih lama dan menyehatkan saluran cerna, konsumsi kurma juga baik dikonsumsi saat berpuasa karena membantu menaikkan kadar gula darah. Saat seharian tidak mengonsumsi apapun, kadar gula darah bisa dipastikan akan rendah, nah konsumsi kurma saat berbuka bisa membantu mengembalikan kadar gula darah tubuh.

Selain utamanya mengandung karbohidrat, kurma juga mengandung sedikit protein, mineral seperti zinc, selenium serta antioksidan. “Jadi supaya tidak lemas bisa makan kurma saat berbuka. Juga saat sahur, bisa dimakan sebagai cadangan energi,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc atau yang akrab disapa dr Tati. Ia membenarkan bahwa kurma sangat baik dikonsumsi saat berpuasa.

“Selama ini kurma kan memang sering dimanfaatkan sebagai makanan ya, khususnya pada bulan puasa. Saat berbuka misalnya, sebab kandungan karbohidrat pada kurma dapat segera menormalkan kadar gula darah,” ujar dr Tati.(mb/detik)

Pos terkait