Mata Novel Baswedan Dipasangi Membran Sel dari Plasenta Bayi

Metrobatam, Jakarta – Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, Novel Baswedan akan segera menjalani operasi pemasangan membran sel pada kedua matanya pekan ini. Membran ini akan diambil dari plasenta bayi.

“Hari ini dilakukan pengambilan foto thorax sebagai bagian dari persiapan rencana operasi membran sel pada mata Novel,” ujar Febri melalui pesan singkat, Selasa (16/5).

Bacaan Lainnya

Tujuan operasi ini, kata Febri, untuk merangsang pertumbuhan sel-sel mata Novel yang rusak akibat disiram air keras. Hanya saja kedua mata penyidik senior KPK itu tak bisa langsung sembuh. Menurutnya, Novel akan mengalami pandangan blur usai operasi.

“Pasien dalam beberapa minggu akan mengalami pandangan yang sangat kabur atau blur usai operasi,” kata Febri.

Dari hasil pemeriksaan terakhir, lanjut Febri, dokter masih menemukan peradangan di bagian tengah kornea mata sebelah kanan. Sementara untuk mata kiri pertumbuhan pembuluh darahnya juga terhitung lambat.

“Namun tekanan mata normal setelah pemberian obat. Ini akan terus dikontrol ke depan,” ucap Febri.

Novel disiram air keras oleh orang tak dikenal usai salat subuh di dekat rumahnya pada April lalu. Novel kini masih menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Singapura.

Untuk luka yang dialaminya, ia telah menerima sejumlah tindakan medis yakni pemeriksaan tekanan mata, analisis langsung terhadap dua bola mata, dan pemberian cairan kimia untuk mengetahui kondisi mata melalui indikator warna.(mb/cnn indonesia)

Pos terkait