oleh

Soal Vonis Ahok, Menag: Semua Pihak Harus Menahan Diri

Metrobatam, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan vonis Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dua tahun penjara dalam kasus penodaan agama belum berkekuatan hukum tetap. Ia mengimbau masyarakat untuk menunggu keputusan hasil akhir.

“Yang saya dengar bahwa putusan ini belum inkrah jadi ada upaya banding. Oleh karenanya ini masih belum berkekuatan hukum tetap, karenanya proses ini belum selesai secara hukum,” ujar Lukman di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/5).

Lukman mengharapkan masyarakat mampu menahan diri sampai menunggu keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap. Ahok usai pembacaan vonis memang mengatakan mengajukan banding atas putuhan hakim.

“Jadi semua pihak mampu menahan diri sampai putusan hukum berkekuatan hukum tetap sehingga kemudian semua kita menghormati dan mentaati apapun keputusan hukum nanti,” ucap Lukman.

Dia mengatakan masyarakat jangan terlalu berlebihan dalam meluapkan perasaan terkait putusan hukuman untuk Ahok. Baik massa yang pro maupun kontra atas putusan ini.

“Saya berharap baik pihak yang siapapun di antara kita, semua pihak hendaknya tetap menunggu hasil akhir dari putusan hukum. Dan tentu tidak terlalu berlebihan dalam melampiaskan atau meluapkan, apakah itu kegembiraan kesedihan atau hal yang lalu bisa menimbulkan kondisi konflik di tengah masyarakat yang berbeda pandangannya,” tutur Lukman.

Seperti diketahui, kini Ahok sudah berada di Rutan Cipinang. Meski mengajukan banding, Ahok tetap langsung ditahan sesuai dengan perintah hakim.(mb/detik)

News Feed