12 Kasus Difteri Ditemukan di Aceh Utara, Satu Orang Positif

Metrobatam, Lhoksukon – Sejak beberapa bulan terakhir, Dinas Kesehatan Aceh Utara menemukan 12 kasus difteri. Satu di antaranya dinyatakan positif.

Keseluruhan kasus itu ditemukan di enam kecamatan, yakni Lhoksukon, Tanah Jambo Aye, Dewantara, Banda Baro, Langkahan, dan Kuta Makmur.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini Dinkes Aceh Utara telah menemukan 12 kasus difteri yang sudah ditemukan, satu di antaranya positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Machrozal dalam keterangannya, Selasa (19/12).

Machrozal menyebutkan pihaknya terus melakukan upaya mencegah bertambahnya jumlah kasus difteri tersebut. Caranya, terus memberikan vaksin, penyuluhan, dan sosialisasi sejak dini.

“Selain memberikan vaksin, kita juga memberikan penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat. Karena dari 12 kasus yang kita temukan, ada positif difteri,” ujarnya.

Sejak beberapa bulan terakhir, Dinas Kesehatan Aceh Utara telah memberikan vaksin terhadap 300 ribu orang, baik dari usia balita hingga dewasa. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit mematikan tersebut.

“Dinkes Aceh Utara telah melakukan beberapa langkah untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit menular tersebut,” katanya.

“Saya berharap kepada masyarakat yang mengalami gejala awal difteri untuk segera melaporkan kepada puskesmas terdekat atau langsung kepada Dinkes Aceh Utara. Nantinya petugas akan memberikan antiserum difteri dan antibiotik, sehingga tidak menyebar,” tambah Machrozal. (mb/detik)

Pos terkait