Mahfud MD: Kita Bangga Pada KPK, Tidak Takut Tekanan dan Teror

Jakarta – Mantan Ketua MK, Mahfud MD angkat suara terkait adanya pihak yang mendukung dan menentang kehadiran KPK. Menurutnya, orang yang mendukung KPK dalam upaya memberantas korupsi selalu jelas identitasnya.

“Menurut saya, yang mendukung KPK adalah orang yang jelas identitasnya, institusi yang jelas identitasnya,” kata Mahfud kepada wartawan sesuai Seminar Nasional ‘Indonesia Darurat Integritas: Respon dan Tantangan’ di UC UGM, Jumat (8/12).

Bacaan Lainnya

Sementara orang yang menentang keberadaan KPK, kata Mahfud, jumlahnya hanya segelintir dan masyarakat mudah mengenalinya. Namun Mahfud tidak menjelaskan secara rinci siapa-siapa sosok penentang KPK tersebut.

“Yang tidak mendukung KPK apalagi menyerang, itu kalau dihitung kan bisa dengan hitungan jari dan kita hafal orang-orangnya,” lanjutnya.

Terkait keberadaan KPK dalam upaya memberantas korupsi, menurut Mahfud institusi ini masih independen. Masyarakat juga diminta untuk tidak ragu-ragu mendukung KPK dalam upaya membongkar berbagai kasus korupsi.

“Kita bangga kepada KPK, tidak takut kepada tekanan, tidak takut pada teror. Saya kira kita harus memberi dukungan kepada KPK untuk membongkar kasus-kasus korupsi itu,” ungkapnya.

“Tentu (dukungannya) dengan tetap memberikan kritik-kritik yang konstruktif. KPK juga sebagai institusi yang diisi oleh manusia-manusia, itu bukan malaikat. Pasti ada kesalahan-kesalahan betapapun kecilnya. Kesalahan itu yang kita koreksi,” imbuhnya. (mb/detik)

Pos terkait