Jokowi Resmikan Tol Bakauheni di Akhir Pekan

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Provinsi Lampung, kemarin. Dia segera meresmikan salah satu ruas Tol Trans Sumatera.

Jokowi dan rombongan berangkat dari Pangkalan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (21/1) pukul 07.30 WIB.

Read More

Pukul 08.00 WIB, pesawat mendarat di Bandara Radin Inten II, Lampung. Jokowi tiba di area peresmian pada 09.00 WIB. Dirinya hadir didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

Selain itu juga Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Kepala BPJT Herry TZ, dan Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra.

Ruas tol yang diresmikan Jokowi adalah Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang – Simpang Susun Kotabaru.

Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung, Jokowi juga menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat serta meninjau program padat karya tunai yang telah berjalan di Provinsi Lampung.

Jokowi juga akan meresmikan Program Korporatisasi Pertanian, menjadi kegiatan terakhir di Lampung. Berikut selengkapnya:

Dengan menekan tombol sirine, Jokowi resmi telah membuka Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru.

“Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru,” kata Jokowi dalam acara peresmian di Bakauheni, Lampung, Minggu.

Dikatakan Jokowi, jalan tol ini merupakan proyek strategis pemerintah yang dikebut pembangunannya.

“Yang paling penting jalan tol. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional bagian dari jalan tol Trans Sumatera,” tutur Jokowi.

Jokowi juga menyebut, jadwalnya hingga Februari padat, sehingga, hari ini adalah waktu yang tepat untuk meresmikan tol tersebut.

“Ini minggu yang seharusnya bapak ibu istirahat di rumah termasuk saya, harusnya. api karena memang waktunya kita hitung sampe Februari padat dan adanya hanya hari ini sehingga saya ke sini kita ingin buka jalan tol segmen Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang – Simpang Susun Kotabaru,” imbuhnya.

Jokowi menggunakan truk guna menjajal langsung ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni. Peninjauan langsung ini dilakukan usai diresmikan

Dikatakan Jokowi, jalan tol ini merupakan proyek strategis pemerintah yang dikebut pembangunannya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Gubernur Lampung Ridho Ficardo, serta Kepala BPJT Herry TZ.

Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, Jokowi terlihat duduk di samping supir truk. Truk yang ditumpangi pun berwarna putih senada dengan warna helm dan kemeja yang dikenakannya.

Sebelum menumpangi truk, Jokowi sempat melihat langsung kesiapan fasilitas pembayaran di gerbang tol tersebut. Hasilnya, seluruh pintu di gerbang tol tersebut sudah menerapkan pembayaran non tunai.

Sedikitnya ada 3 truk yang disediakan untuk menjajal langsung tol. Ketiga truk tersebut digunakan Jokowi beserta rombongan.

Truk yang dinaiki Jokowi adalah jenis truk pengangkut pasir (dump truk) yang biasa ada di proyek infrastruktur. Terlihat ada stiker logo PTPP di truk tersebut.

Sementara Gratis

Jokowi memastikan bahwa tarif tol tersebut untuk sementara digratiskan, alias pengguna tol tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Mulanya, Jokowi menanyakan terlebih dahulu apakah pihak pengelola tol berani menggratiskan tarif untuk sementara. Selaku pengelola adalah Hutama Karya. Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra sendiri hadir mendampingi Jokowi.

“Tanya pemilik aja lah (pengelola tol). Kalau berani gratisin dulu silahkan, baik lah untuk masyarakat untuk coba enaknya tol itu kayak apa. Sopir juga bisa rasakan kecepatan di tol seperti apa. Nanti pemilik yang putuskan,” kata Jokowi usai acara peresmian.

Tak lama berselang, Jokowi diinformasikan bahwa Hutama Karya siap menggratiskan tol tersebut yang baru saja diresmikan. Pemberlakuan tol secara gratis berlaku hingga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tersambung seutuhnya. Ditargetkan tersambung pada Juni.

“Pemiliknya udah bisik-bisik dibebaskan sampai nyambung, biar bisa dipakai dulu lah untuk ujicoba,” tambahnya.

Jokowi telah meresmikan dibukanya Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun Bakauheni. Untuk sementara setelah dibuka, tarif tol tersebut digratiskan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, mengatakan bahwa tarif tol ini diperkirakan Rp 800 per km saat sudah dikenakan tarif normal. Namun kepastian tarifnya masih menunggu regulasi. Namun untuk permulaan akan digratiskan.

“Tarifnya minimal 2 Minggu free. (Tarif normal) 1 km sekitar Rp 800. Kalau 10 km ya Rp 7.000-an. Itu golongan satu, yang termurah,” kata Basuki sebelum acara peresmian berlangsung.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Hutama Karya selaku pengelola tol siap menggratiskan tol tersebut yang baru saja diresmikan.

Pemberlakuan tol secara gratis berlaku hingga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tersambung seutuhnya. Ditargetkan tersambung pada Juni.

Minta Segera Tersambung

Jokowi meminta Tol Trans Sumatera segera tersambung dari Bakauheni hingga Palembang guna mendukung kegiatan Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada tahun ini.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan Kepala Daerah terkait untuk terus mendukung pembangunan proyek Tol Trans Sumatera, terutama terkait pembebasan lahan.

Jokowi menyadari bahwa masih ada persoalan lahan yang mesti segera diselesaikan agar penyelesaian proyek tersebut selesai sesuai target. Dalam hal ini, peran Kepala Daerah diakuinya sangat penting.

“Saya tahu masih ada persoalan kecil-kecil pembebasan lahan yang harus diselesaikan. Saya tadi tanyakan ke Gubernur (Lampung), bisa selesai untuk pembebasan lahan?” tutur Jokowi dalam acara peresmian tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.

“Kenapa ini segera kita resmikan? saya ingin mendorong agar yang dari Bakauheni sampai Palembang ini bisa selesai sebelum Asian Games berjalan. Memang masih panjang,” lanjutnya.

Adapun, Jokowi hari ini meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru. Dihadiri pula oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

Terkait pembebasan lahan, Gubernur Lampung menyanggupi permintaan Jokowi agar pembebasan lahan bisa secepatnya diselesaikan untuk keperluan proyek Tol Trans-Sumatera.

“Jadi itu yang disampaikan dan saya tulis. Nanti kalau enggak selesai saya cek pembebasan lahan, tanggung jawabnya ada di siapa jelas, Gubernur,” tambahnya. (mb/detik)

Related posts