Tentang Penerimaan Anggota Polri Tahun 2018, Pemko Batam-Polresta Barelang Tanda Tangani MoU

Metrobatam.com, Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki di Kantor Walikota Batam, Kamis (4/1). Nota kesepahaman berisi tentang sosialisasi penerimaan calon anggota kepolisian tahun 2018.

“MoU-nya berisi bagaimana Pemko Batam men-support (dukung) kepolisian dalam rekrutmen calon anggota Polri. Artinya kita mengajak masyarakat Batam, ayok kita minat masuk polisi,” kata Rudi.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kombes Pol Hengki menambahkan MoU ini merupakan program nasional dan dilaksanakan di seluruh daerah. Dalam rangka penelusuran dan peningkatan kemampuan bagi putera puteri daerah yang berniat dididik menjadi anggota Polri.

“Ketika dia berminat jadi anggota Polri, mereka telah memiliki kemampuan fisik, psikologis, karena sudah kita latih,” ujarnya.

Sosialisasi dilakukan dengan beberapa cara. Pertama mendatangi sekolah-sekolah khususnya tingkat SMA sederajat. Selain itu, bagi siswa yang berminat jadi anggota polisi diundang pelatihan ke Polresta.

Dengan program ini, anggota Polri yang sudah dilatih tersebut akan ditempatkan di daerah asal masing-masing. Tujuannya agar mereka lebih mengenali karakteristik wilayah kerja.

“Kalau dari daerah tentu dia akan menjadi lebih maksimal. Karena dia sudah tahu bagaimana karakter masyarakat, budaya di lingkungan kerja. Ada kedekatan dengan masyarakat yang jadi tanggungjawab dia selama bertugas,” kata Hengki.

 

MCBatam

Pos terkait