BPBD Riau: Lahan Percontohan Badan Restorasi Gambut Juga Terbakar

Metrobatam, Pekanbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyebut lahan yang dibuat Badan Restorasi Gambut (BRG) turut terbakar dalam kebakaran sepekan ini. Lahan itu padahal seharusnya menjadi percontohan pengelolaan lahan gambut.

“Ya walau berbagai teori, yang pasti lahan percontohan BRG terbakar juga,” ucap Kepala BRG Riau, Edwar Sanger, Senin (19/2).

Read More

Dia menyebut lahan percontohan tersebut berada di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Meranti, Riau. Dalam sepekan ini, Edwar mengatakan kebakaran melanda termasuk menghanguskan lahan percontohan itu.

Namun kebakaran tersebut saat ini sudah berhasil dipadamkan. Edwar menyebut pemadaman dilakukan oleh tim gabungan TNI/Polri, BPBD Meranti, dan Manggala Agni.

“Lahan yang terbakar itu ya tim gabungan yang memadamkannya. Kita juga yang memadamkan lokasi percontohan BRG itu,” kata Edwar.

“Penyebabnya masih diselidiki pihak kepolisian setempat,” imbuh Edwar.

Kini, menurut Edwar, Pemprov Riau telah menetapkan status Siaga Darurat. Status itu ditetapkan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan semakin meluas.

“Dengan status siaga darurat, akan ada bantuan dari BNPB. Kita akan meminta bantuan heli untuk water bombing, pemantauan udara dan TMC,” kata Edwar. (mb/okezone)

Related posts