Kapal Nelayan yang Tenggelam di Babel Jadi Perhatian Netizen, Ada Apa?

Metrobatam, Sungailiat – Insiden tenggelamnya kapal nelayan di Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung mendadak menjadi buah bibir para netizen. Kecelakaan yang terjadi, Selasa, (6/2) kemarin, meski tak ada korban jiba, namun berhasil menyedot perhatian warganet.

Diketahui, 4 orang anak buah kapal (ABK) dan satu juragan selamat dalam musibah tenggelamnya kapal kapal nelayan persis di depan laut pantai Parai, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Read More

Netizen yang mengetahui insiden tersebut menaru iba dan beragam posting di media sosial langsung tersebar mengungkapkan rasa iba yang dialami para ABK nelayan tersebut.

“Astaghfirullahhalazim, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa dan mereka di beri kesabaran oleh Allah SWT atas kejadian tersebut,” tulis akun Lilo Phasa, Selasa (6/2/2018).

“Mudah-mudahan gak ada korban jiwa, orang yg terkena musibah dengan sabar menerimanya, dan aku doakan Tuhan akan menggantikan rejekinya yang lebih banyak amin,” komentar netizen Diana.

Warganet dengan nama akun Sumarly Tuye, “Kasihan alat untuk mencari rezeki bisa tenggelam macam itu,” imbuhnya.

Perhumas HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Bangka, Gopal CH mengatakan, bahwa lagi nelayan penangkap ikan mengalami kecelakaan laut, satu unit kapal beserta paralatan lainnya ikut tenggelam.

“Belum bisa dimintai keterangan pemilik kapal dan awak nahkoda kapal. Lantaran masih syok melihat semua peralatan ikut serta tenggelam beserta kapal yang mereka tumpangi,” ujarnya di Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dia menyampaikan kecelakaan laut kapal nelayan penangkap ikan juragan pembawa kapal bernama Herman dengan empat ABK (anak buah kapal) yakni Suhada, Dandi, Agil, dan Lias.

“Nama kapal tersebut Tiga Putra, mereka sudah 6 hari melaut mencari ikan dan ketika dalam perjalanan arah pulang kapal yang di nahkodai Herman ini menghantam sisa pancang (kayu bagan) persis di depan laut pantai Parai, kejadiannya sekira jam 05.00 WIB (subuh),” tutur Gopal.

Akibat insiden tersebut, kata dia mengakibatkan kapal Tiga Putra tenggelam, beruntung tidak ada korban jiwa baik juragan dan ABK dalam kecelakaan ini. Menyoal total kerugian belum bisa diprediksi apa saja yang hilang terbawa air laut dan peralatan rusak.

“Sementara untuk badan kapal perahu nelayan yang dinahkodai Herman mendapat pertolongan dan ditarik menuju tepi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Jelitik, Sungailiat,” pungkasnya. (mb/okezone)

Related posts