Baku Tembak TNI vs KKSB Kembali Pecah di Nduga Papua, 1 TNI Gugur

Metrobatam, Jayapura – Baku tembak antara pasukan TNI pengamanan pembangunan Jembatan Trans Papua dan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Nduga Papua siang tadi pecah.

Berdasar kronologis pihak Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, insiden baku tembak itu terjadi sekitar pukul 11.15 WIT, saat 12 orang pasukan TNI melakukan Patroli Pembangunan Jembatan trans Papua.

Muat Lebih

“Saat Tim Patroli TNI berada di sekitar Lapangan Terbang (Lapter) Distrik Mugi Kabupaten Nduga, secara mendadak mendapatkan serangan dari arah ketinggian oleh pihak KKSB yang berhasil diidentifikasi dari kelompok Pimpinan Egianus Kogoya,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, dalam rilis yang diterima media ini, Senin (13/5/2019).

Mendapatkan serangan tersebut, pasukan TNI berusaha mencari perlindungan dan membalas tembakan. Sementara itu sisa pasukan TNI yang berada di Pos Mugi dipimpin oleh Letda Inf Fajar segera bergerak untuk memberikan bantuan dan melakukan pengejaran.

“Situasi akhirnya berhasil dikuasai, KKSB yang diperkirakan berkekuatan sekitar 20 orang bersenjata campuran berhasil dipukul mundur dan mereka melarikan diri ke arah hutan,” katanya.

Dikatakan, atas insiden baku serang tersebut seorang anggota TNI atas nama Pratu Kasnum tertembak di bagian Punggung.

“Saat dievakuasi menggunakan Helly Bell, korban meninggal dunia. Sekitar pukul 13.00 WIT,” ungkap Aidi.

Sementara dari pihak KKSB, diyakininya juga terdapat korban, meski jasadnya tidak ditemukan. “Saat disisir, nampak bercak darah,” katanya.

Almarhum Pratu Kasnum saat ini berada di RS. Chiritas Timika, dan rencana besok akan di terbangkan ke rumah duka di Aceh Selatan. (mb/okezone)

Loading...

Pos terkait

Booking.com