Keren, Google Translate Bakal Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat

Metrobatam, Jakarta – Google Translate sudah melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain. Lalu bagaimana dengan bahasa isyarat?

Masalah ini sepertinya akan terpecahkan. Pasalnya, Google telah berhasil mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang mampu menafsirkan tanda-tanda atau isyarat dan mengubahnya menjadi kata-kata.

Bacaan Lainnya

Ini berarti, perangkat lunak ini akan memungkinkan mereka yang memiliki masalah bicara untuk berkomunikasi lebih mudah dengan orang lain yang tidak mengerti dan tidak mempelajari bahasa isyarat.

Kecanggihan teknologi ini dilakukan dengan menggunakan kamera yang digabungkan dengan software yang dapat melacak gerakan dan gerakan tangan pengguna serta menafsirkannya. Perkembangan terbarunya, teknologi ini sudah bisa digunakan menggunakan kamera ponsel.

Tetapi teknologi ini belum cukup sempurna dan masih harus disempurnakan. Teknologi baru bisa menangkap sebagai dari percakapan saja. Beberapa komunikasi melalui ekspresi wajah, dan kecepatan penandatangan bisa saja terlewat.

“Kami berencana memperluas teknologi ini agar lebih kuat dan stabil, memperbesar jumlah gestur yang dapat kami deteksi dengan andal. Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan ide-ide kreatif baru dan diaplikasikan anggota komunitas penelitian dan pengembang,” ujar Google seperti dilansir dari Ubergizmo, Kamis (30/1/2020). (mb/detik)

Pos terkait