Studi : Virus Corona Dapat Menular Melalui Tinja

Metrobatam.com, Batam – Tak hanya melalui droplet dan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, penelitian terbaru menunjukkan, virus corona (Covid-19) juga bisa menular lewat feses atau kotoran manusia.

Hasil ini didapat setelah sekelompok peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China menganalisis sampel tinja pasien yang terinfeksi corona.

Read More

Peneliti melihat virus corona pada sampel tinja dengan menggunakan mikroskop elektron. Mereka mendapati bahwa virus corona pada tinja itu bisa berpindah.

“Ini berarti bahwa kotoran dapat mengontaminasi tangan, makanan, air, dan lainnya,” tulis peneliti dalam laporan di CDC China, dikutip dari Live Science.

Penularan virus corona dari tinja dapat terjadi saat seseorang bersentuhan dengan kotoran ketika buang hajat dan tidak mencuci tangan dengan bersih. Virus yang ada di tangan dapat menyebar ke orang lain atau hinggap di benda mati.

“Virus ini memiliki banyak rute penularan. Sebagian penularan berjalan kuat dan cepat,” tulis CDC China.

Untuk mencegah penularan lewat kontaminasi feses, CDC China merekomendasikan beberapa langkah yang dapat dilakukan. Berikut cara mencegah penularan virus corona yang dapat menular melalui feses:

– sering mencuci tangan dengan sabun dan air
– menjaga kebersihan pribadi
– menghindari konsumsi makanan mentah
– meminum air yang sudah direbus

Hingga saat ini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 79 ribu orang di dunia. Covid-19 tercatat telah menyebabkan 2.465 kematian (per 24/2).

(mb/cnnindonesia)

Related posts