Bangun Irigasi Sawah, Kementerian PUPR Dukung Pertanian di Lingga

METROBATAM.COM, LINGGA – Pembangunan irigasi terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian di seluruh Indonesia, termasuk salah satunya di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Beberapa irigasi yang akan segera dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV adalah Daerah Irigasi (DI) sawah Desa Bukit Langkap dan pekerjaan lanjutan di Desa Kerandin, Kecamatan Lingga Timur.

Seperti yang disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa BWS Sumatera IV, Eris Hendra Buana, ST. bahwa irigasi ini nantinya bisa dimanfaatkan pada akhir tahun 2020 mendatang.

“Akhir tahun 2020, air yang tertampung di Bukit Baygon sudah bisa dimanfaatkan oleh Bukit Langkap, minimal musim tanam bisa dua kali. Kalau sekarang kan sekali ya nunggu tadah hujan. Minimal nanti bisa dua kali tanam,” kata Eris kepada wartawan, di Kedai Kopi Gasing Daik Lingga, Jumat (6/3/2020).

Bacaan Lainnya

Sementara total anggaran yang dikucurkan Kementerian PUPR untuk pembangunan Daerah Irigasi di Kabupaten Lingga tahun anggaran 2020 mencapai 40 miliar.

“Mudah mudahan pertanian tahun depan dan berikutnya bisa cetak sawah lagi ya,” ujar Eris, yang saat itu didampingi Kabid Pengairan PUPR-PKP Kabupaten Lingga, Hardimansyah, ST.

Sebagaimana diketahui, rombongan BWS Sumatera IV bersama Dinas PUPR-PKP Lingga, sebelumnya juga telah melakukan sosialisasi di Balai Desa Bukit Langkap dan dihadiri seluruh lapisan masyarakat desa setempat. (Simarmata)

Pos terkait