Penggunaan Masker Maksimal Hanya 4 Jam dan Harus Diganti Setelahnya

Metrobatam.com, Jakarta – Penggunaan masker merupakan hal yang sangat penting pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Hal ini terutama pada orang-orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dokter Reisa Broto Asmoro menyarankan masyarakat untuk membawa lebih dari satu masker ketika harus berkegiatan di luar rumah selama masa pandemi COVID-19. Dalam konferensi persnya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, dokter yang tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19 itu mengatakan bahwa masker memiliki maksimal waktu penggunaan.

Bacaan Lainnya

“Penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam dan harus diganti dengan yang baru atau yang bersih,” kata Reisa.

“Tetapi apabila maskernya basah atau lembap harus segera diganti. Oleh karena itu, masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker ketika harus pergi keluar rumah untuk beraktivitas,” kata dr Reisa Broto Asmoro yang juga terkenal sebagai pembawa acara kesehatan di televisi tersebut.
Minta Masyarakat Gunakan Masker

Reisa mengatakan, masker kain bisa digunakan lebih dari sekali. Untuk itu, penggunaan, penyimpanan, dan pencuciannya harus dilakukan dengan tepat agar benda itu awet dan bisa digunakan berulang kali.

Dalam kesempatan tersebut, Reisa mengatakan bahwa penggunaan masker bisa melindungi orang lain dari penularan COVID-19.

“Kita sudah tahu virus COVID-19 menular melalui droplet atau percikan air liur yang dapat terpercik keluar ketika seseorang itu berbicara, bersin, atau batuk,” ujarnya.

“Maka masker dapat menjadi penghalang agar percikan air liur tidak menyebar ke lingkungan sekitar,” sambungnya.

Reisa mengatakan, di masa pandemi COVID-19, masyarakat sangat disarankan untuk menggunakan masker selama berkegiatan di luar rumah.

“Terutama apabila berada di lingkungan yang penuh sesak atau berjumpa dengan orang lain,” tandas dr. Reisa.

(Liputan6)

Pos terkait