Hati-hati, Ini 5 Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi

Metrobatam.com, (Mb) – Di era modern seperti sekarang ini, banyak orang menghabiskan waktunya selama berjam-jam di depan komputer untuk bekerja. Bisa dibilang hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam sehari dilakukan dengan duduk.

Beragam kegiatan yang dilakukan dalam sehari mulai dari nonton televisi, bekerja di depan komputer, dan lain sebagainya dilakukan dengan duduk.

Bacaan Lainnya

Padahal, terlalu lama duduk bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti nyeri punggung hingga osteoporosis. Untuk itu, penting bagi kita melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh.

Lantas, apa sajakah penyakit yang bisa disebabkan akibat duduk terlalu lama? Berikut Merdeka merangkumnya dilansir dari laman hellosehat dan berbagai sumber:

Diabetes

Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk diabetes. dilansir dari webmd, duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung.

Penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa berjalan kurang dari 1.500 langkah per hari atau duduk dalam waktu yang lama tanpa mengurangi konsumsi kalori dapat meningkatkan resistensi insulin yang menyebabkan diabetes tip-2.

Selain diabetes, terlalu banyak duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung yang cukup tinggi.

Obesitas

Orang yang duduk terlalu lama memiliki risiko lebih besar untuk mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan saat duduk, tidak ada kalori yang terbakar.

Apalagi jika makan berlebihan tidak diimbangi dengan olahraga teratur. Lemak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Studi yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information (NCBI) menunjukkan bahwa orang yang mengalami kegemukan dan obesitas rata-rata duduk dua jam lebih lama dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal.

Otot Menjadi Lemah

Saat duduk, tidak banyak otot yang digerakan seperti saat melakukan aktivitas lain. Hal inilah yang membuat otot lama kelamaan akan melemah.

Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan peredaran darah menuju jantung menjadi terganggu. Akibatnya, darah akan berkumpul di pembuluh darah kaki dan membengkak sehingga menyebabkan varises.

DVT (Deep Vein Thrombosis)

Deep Vein Thrombosis merupakan trombosis vena dalam yang disebabkan karena duduk terlalu lama. Kondisi ini terjadi ketika adanya penggumpalan darah di pembuluh vena dalam sehingga menimbulkan bengkak dan kemerahan.

DVT bisa menimbulkan nyeri dibagian bengkak, hingga bisa menimbulkan beragam masalah serius pada sistem pernapasan jika gumpalan darah bergerak ke paru-paru dan menyumbat emboli paru.

Sakit pada Leher dan Tulang Belakang

Duduk terlalu lama bisa membuat tulang leher dan punggung terasa nyeri. Duduk terlalu lama dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang sehingga membuat kita merasakan sakit dan nyeri pada bagian tulang belakang.

Sedangkan untuk orang tua yang terlalu banyak duduk dan kurang bergerak berisiko mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih dini.

Tips Tetap Sehat jika Harus Duduk Lama

Sebagian orang terkadang tidak memiliki pilihan karena beberapa kegiatan mengharuskan seseorang untuk tetap duduk dalam waktu yang lama. Untuk menghindari berbagai penyakit karena terlalu lama duduk, berikut tips yang dibagikan oleh Mayo Clinic agar terhindar dari berbagai penyakit karena terlalu lama duduk:

  1. Lakukan peregangan dan istirahat setidaknya 30 menit sekali
  2. Coba lah untuk menggunakan standing desk, meja yang tinggi, atau counter.
  3. Selingi dengan berjalan untuk mengambil air minum atau ke pergi ke toilet.

(Merdeka)

Pos terkait